Sebutkan contoh bencana alam akibat perubahan cuaca

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan contoh bencana alam akibat perubahan cuaca

Contoh bencana alam akibat perubahan cuaca antara lain adalah bencana kekeringan, badai tropis, pemanasan global, dan lain sebagainya. Bencana kekeringan merupakan bencana alam yang terjadi karena kurangnya pasokan air selama periode tertentu pada suatu daerah. Bencana badai tropis merupakan bencana alam yang terjadi karena kekuatan angin yang sangat besar. Sedangkan bencana pemanasan global merupakan bencana alam yang terjadi karena peningkatan suhu di lapisan atmosfer.

Pembahasan

Berdasar Undang-undang No. 24 Tahun 2007, bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Bencana diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Bencana alam, yaitu bencana yang disebabkan oleh faktor alam, seperti gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.
  2. Bencana non alam, yaitu bencana yang disebabkan oleh faktor non alam, seperti wabah penyakit, gagap teknologi, dan gagal modernisasi.
  3. Bencana sosial, yaitu bencana yang disebabkan oleh faktor manusia, seperti konflik antar kelompok, demonstrasi, dan tawuran pelajar.

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu contoh bencana alam adalah bencana meteorologi, yaitu bencana yang berkaitan dengan cuaca, seperti angin, suhu, penyinaran matahari, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan beberapa contoh bencana alam yang termasuk dalam bencana meteorologi:

  1. Kekeringan, merupakan bencana alam yang terjadi karena kurangnya pasokan air selama periode tertentu pada suatu daerah.
  2. Badai tropis, merupakan bencana alam yang terjadi karena kekuatan angin yang sangat besar.
  3. Pemanasan global, merupakan bencana alam yang terjadi karena peningkatan suhu di lapisan atmosfer.
Baca Juga  Pembuatan saringan air yang paling sederhana adalah dari bahan

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Geografi

Bab: Mitigasi Bencana Alam

Kode: 11.8.7

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan contoh bencana alam akibat perubahan cuaca Semoga Membantu.