Tempat pematangan dan penyimpanan spermatozoa adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tempat pematangan dan penyimpanan spermatozoa adalah

  1. Tempat pematangan dan penyimpanan spermatozoa adalah epididimis.
  2. Selaput yang membatasi ruangan terdapatnya embrio dan menghasilkan getah berupa air ketuban disebut amnion.
  3. Proses pendewasaan sperma terjadi di epididimis.
  4. Alat reproduksi laki-laki yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sebelum dikeluarkan melalui penis adalah vas deferens.
  5. Organ yang berfungsi untuk pertukaran zat maupun gas antara ibu dengan embrio adalah plasenta.
  6. Kelenjar hipofisis disebut sebagai “Master of Glands” atau kelenjar kepala karena merupakan kelenjar yang mensekresikan bermacam-macam hormon serta merupakan pusat kendali kelenjar lainnya.

Pembahasan  

Organ reproduksi pria terdiri atas organ reproduksi luar yaitu penis dan skrotum dan organ reproduksi dalam yang terdiri atas testis, saluran reproduksi, dan kelenjar kelamin.  

Organ reproduksi luar  

  1. Penis : organ yang berfungsi sebagai alat untuk kopulasi dan sebagai saluran buang air kecil. Penis tersusun atas tiga silinder jaringan erektil mirip spons. Jaringan tersebut berasal dari kapiler darah yang termodifikasi.
  2. Skrotum : organ yang tersusun dari pelipatan dinding berupa kantung yang didalamnya berisi testis. Skrotum berfungsi untuk menjaga suhu testis supaya tidak terlalu panas. Skrotum tersusun atas otot polos yang disebut otot dartos. Otot inilah yang membuat testis dapat mengerut dan mengendur.

Organ reproduksi dalam  

Testis : berfungsi sebagai tempat pembentukan sel kelamin jantan (spermatozoa) dan hormon kelamin (testosteron). Testis juga berperan menutrisi sperma karena memiliki sel sertoli yang menyediakan makanan bagi spermatozoa. Tempat pembentukan sperma dalam testis adalah tubulus seminiferus.  

Saluran reproduksi atau saluran pengeluaran terdiri atas:

Baca Juga  Berdasarkan percobaan larutan yang bersifat basa ditunjukkan oleh angka

  • Epididimis yaitu saluran berkelok-kelok sepanjang kurang lebih 6 meter di dalam skrotum, diluar testis. Epididimis berfungsi dalam pengangkutan, penyimpanan, dan pematangan sperma. Sperma akan diberi nutrisi di dalam epididimis, sehingga menjadi subur dan dapat bergerak. Setelah dari epididimis, sperma akan masuk ke vas deferens, lalu disalurkan menuju vesikula seminalis.  
  • Vas deferens yaitu seluran yang berfungsi sebagai tempat penampungan sperma dan menyalurkan sperma ke vesikula seminalis.
  • Duktus ejakulatoris yaitu saluran pendek penghubung kantung sperma dengan uretra. Saluran ini mampu menyemprotkan sperma dengan kecepatan tinggi keluar tubuh.

Kelenjar kelamin : organ-organ kelamin dalam pria yang berfungsi untuk menghasilkan cairan semen yang akan tetap menjaga sperma tetap hidup. Organ yang termasuk kelenjar kelamin yaitu:

  • Vesikula seminalis yaitu kelenjar berlekuk-lekuk yang terletak di belakang kandung kemih. Vesikula seminalis berfungsi untuk mensekresikan cairan bersifat basa serta mengandung mukus, gula fruktosa (sumber energi sperma), enzim pengkoagulasi, asam askorbat, dan prostaglandin. Gabungan antara Vesikula seminalis dengan vas deferens dan kelenjar prostat akan membentuk saluran ejakulasi.
  • Kelenjar prostat yaitu kelenjar yang melingkari bagian atas uretra, terletak  dibawah kandung kemih. Berfungsi untuk mensekresikan cairan berwarna seperti susu serta mengandung enzim anti koagulan, sitrat, dan bersifat basa. Cairan yang dikeluarkan akan bersatu dengan cairan dari vesikula seminalis dan akan menjadi tempat hidup sperma.
  • Kelenjar bulbouretralis/kelenjar cowper yaitu kelenjar berjumlah sepasang yang salurannya langsung menuju uretra dibawah prostat. Kelenjar cowper berfungsi mensekresikan mukus bening bersifat basa yang menetalkan urine asam yang masih tersisia di uretra

Uretra (Saluran Ejakulasi) : saluran yang terletak di dalam penis, berfungsi untuk tempat keluarnya sperma dan juga sebagai tempat keluarnya urin.

Penjelasan nomor 2 dan 5

Amnion atau yang biasa disebut air ketuban merupakan cairan yang terdapat dalam ruang tempat janin berada. Jumlah cairan amnion ini pada masa kehamilan akan semakin menurun masa jenisnya.  

Baca Juga  Qs al anfal ayat 72

Plasenta merupakan suatu organ yang terbentuk dalam masa kehamilan, terletak di dalam kandungan, berfungsi untuk menyalurkan darah dan nutrisi dari ibu ke janin. Selain itu plasenta juga berperan dalam pertukaran produk-produk metabolisme dan produk gas antara peredaran darah ibu dan janin, serta produksi hormon.

Pelajari lebih lanjut  

—————————–

Detil Jawaban  

Kelas : XI SMA

Mapel : Biologi

Bab : Sistem Reproduksi

Kode : 11.4.9

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tempat pematangan dan penyimpanan spermatozoa adalah Semoga Membantu.