Uterus adalah bagian alat kelamin wanita yang berfungsi sebagai tempat

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Uterus adalah bagian alat kelamin wanita yang berfungsi sebagai tempat

Uterus adalah bagian alat kelamin wanita yang berfungsi sebagai tempat c. perkembangan embrio. Embrio akan berkembang menjadi janin atau fetus di dalam uterus atau rahim sampai saatnya dilahirkan disebut sebagai masa kehamilan atau gestasi.

Pembahasan

Di dalam ovarium seorang wanita akan dihasilkan ovum matang yang kemudian ovum akan menuju ke tuba fallopi untuk melakukan pembuahan atau fertilisasi. Ovum akan bertemu dengan sperma kemudian melebur menjadi zigot yang akan bertumbuh dan berkembang menjadi embrio. Embrio akan bertumbuh dan berkembang di dalam rahim atau uterus. Pertumbuhan embrio di dalam rahim ini disebut sebagai kehamilan.

Embrio akan menempel pada endometrium atau dinding rahim kemudian membentuk plasenta sebagai tempat pertukaran nutrisi dan oksigen antara ibu dengan janin.

Untuk membahas tentang kehamilan, berikut sedikit materi tentang membrane kehamilan.

Membran kehamilan merupakan pembungkus janin yang dapat berfungsi untuk membantu janin dalam proses sirkulasi, respirasi, ekskresi dan fungsi penting lainnya selama janin hidup dalam rahim atau uterus. Membrane kehamilan juga dapat dapat melindungi embrio terhadap tekanan mekanis dari luar seperti benturan atau guncangan.  

Membran kehamilan terdiri atas empat bagian, yaitu sebagai berikut:  

  • Sakus vitelinus atau kantung kuning telur merupakan perluasan dari lapisan endoderm pada fase blastula dan merupakan tempat pembentukan sel-sel darah dan pembuluh darah pertama bagi embrio.  
  • Korion merupakan membran terluar yang tumbuh menyelubingi embrio yang dilengkapi dengan ruang korion didalamnya. Korion membentuk vili korion di dalam endometrium yang berisi pembuluh darah embrio yang berhubungan dengan pembuluh darah ibu di dalam endometrium uterus. Korion dan jaringan endometrium uterus membentuk plasenta.  
  • Amnion merupakan membran yang melingkupi embrio di dalam suatu ruang yang berisi cairan amnion. Cairan ini menjaga embrio agar bergerak bebas dan melindungi dari perubahan suhu dan goncangan dari luar.  
  • Alantois merupakan membran pembentuk tali pusar atau kisa sebut sebagi tali ari-ari yang menghubungkan embrio dengan plasenta pada endometrium uterus ibu. Dalam alantois terdapat pembuluh darah yang menyalurkan zat makanan dan oksigen dari ibu dan mengeluarkan sisa metabolisme dari embrio kembali ke ibunya.  
Baca Juga  Gaya yang tidak terikat dengan teknik teknik dasar tertentu disebut

Kehamilan atau gestasi diawali dengan adanya fertilisasi yang terjadi di tuba fallopi dan kemudian disusul dengan penempelan zigot di endometrium atau dinding rahim sampai tiba saatnya melahirkan.  

Setelah terbentuk kantung embrio, maka akan diproduksi progesteron oleh korion sehingga kadar progesteron akan tetap stabil sampai masa kelahiran.  

Kemudian akan dihasilkan HCG atau Human Chorionic Gonadotropin yang dihasilkan pada kehamilan awal sehingga dapat dipakai dalam uji kehamilan menggunakan test pack yang dicelupkan pada urin saat pagi hari.  

Untuk lebih memahami mengenai system reproduksi pada wanita, berikut penjelasan singkat mengenai sistem reproduksi pada wanita yang tersusun atas:  

  1. Ovarium, merupakan tempat penghasil ovum dan hormon estrogen serta progesteron.  
  2. Fimbria, merupakan alat penangkap ovum yang keluar dari ovarium.  
  3. Infudibulum, merupakan ujung tuba falopi yang berbentuk corong tempat menempelnya fimbria.  
  4. Tuba falopi, merupakan tempat terjadi fertilisasi.  
  5. Uterus, merupakan tempat tumbuh bayi.  
  6. Serviks, merupakan penghubung antara rahim dengan vagina.  
  7. Vagina, merupakan jalan keluar bayi.  
  8. Mons pubis, merupakan pelindung vagina.  
  9. Labia mayor, merupakan pelindung vagina.  
  10. Labia minor, merupakan pelindung vagina.  
  11. Klitoris, merupakan pusat saraf.  

Detil jawaban  

Kelas: IX  

Mapel: biologi  

Bab: Sistem Reproduksi  

Kode: 9.4.3  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Uterus adalah bagian alat kelamin wanita yang berfungsi sebagai tempat Semoga Membantu.