Pernyataan yang tidak benar tentang reaksi reduksi berikut adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Pernyataan yang tidak benar tentang reaksi reduksi berikut adalah

Berikut ini adalah beberapa pernyataan:

  • reduksi adalah pengikatan hidrogen
  • oksidasi melibatkan kenaikan biloks
  • konsep perubahan bilangan oksodasi lebih unggul dari konsep yang lain
  • dalam reaksi redoks , oksidasi terjadi setelah semua zat tereduksi
  • oksidator adalah zat yang tereduksi​

Pernyataan yang tidak benar untuk reaksi redoks adalah pernyataan “reduksi adalah pengikatan hidrogen” karena reaksi reduksi seharusnya terjadi pelepasan oksigen menurut teori redoks berdasarkan keterlibatan oksigen.

Pembahasan

Reaksi redoks merupakan reaksi yang saling berkesinambungan. Dimana terjadi oksidasi maka akan terjadi oksidasi pula. Reaksi oksidasi merupakan reaski penangkapanoksigen, pelepasan elektron, molekul atau ion. reaksi ini juga ditandai dengan peningkatan bilangan oksisadi. Sedangkan reaksi reduksi merupakan reaksi pelepasan oksigen, penangkapan elektron, molekul atau ion. dengan kata lain, dalam reaksi reduksi terjadi pengurangan bilangan oksidasi.

Secara umum perkembangan teori reaksi oksiasi dibagi menjadi 3 macam yaitu:

Reaksi redoks berdasarkan keterlibatan oksigen

Reaksi oksidasi merupakan reaksi yang melibatkan pengikatan oksigen. Sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi yang melepaskan oksigen, misalnya:

Reaksi oksidasi : 4Fe + 3O2 ⇒ 2Fe2O3

Reaksi reduksi : 2CaO ⇒ 2Ca + O2

Reaksi redoks berdasarkan keterlibatan elektron

reaksi oksidasi merupakan reaksi pelepasan elektron membentuk ion. sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi yang melibatkan penangkapan elektron bebas. misanya:

Reaksi oksidasi : Cu ⇒ Cu²⁺ + 2e

Reaksi Reduksi : Ag⁺ + e ⇒ Ag

Reaksi redoks berdasarkan bilangan oksidasi

Reaksi dikatakan sebagai reaksi reduksi jika terjadi pengurangan bilangan oksidasi. Sedangkan reaksi oksidasi adalah reaksi dimana salah satu atom dalam senyawa mengalami kenaikan bilangan oksidasi. Penentuan bilangan oksidasi didasarkan pada aturan-aturan berikut ini:

  • Bilangan oksidasi senyawa dan zat tunggal adalah nol
  • Bilangan oksidasi ion adalah sesuai jumlah muatan
  • Bilangan oksidasi atom golongan IA adalah +1 dan golongan IIA adalah +2
  • Bilangan oksidasi atom golongan VIA pada senyawa biner adalah -2, sedangkan pada atom golongan VIIA adalah -1.
  • Bilangan oksidasi atom H pada senyawa adalah +1, sedangkan pada senyawa hidrida seperti NaH adalah -1
  • Bilangan oksidasi O pada senyawa biner adalah -2 kecuali pada senyawa dengan F (O=+2), pada senyawa peroksida (O=-1) dan senyawa superoksida (O=-1/2)
Baca Juga  Sebutkan 3 manfaat bekatul bagi kesehatan tubuh

Misalnya:

2MgO + 4Cl2 ⇒ 2MgCl2 + O2

 +2 -2       0          +2  -1        0

Maka MgO mengalami oksidasi menjadi O2, ditandai dengan kenaikan biloks atom O. Sedangkan Cl2 mengalami reaksi reduksi menjadi MgCl2, ditandai dengan penurunan biloks atom Cl. zat yang bersifat reduktor akan mengalami reaksi oksidasi. Sedangkan zat yang berperan sebagai oksidator akan mengalami reduksi. oleh karena itu MgO bertindak sebagai reduktor dan Cl2 bertindak sebagai oksidator.

Logam-logam golongan alkali dan alkali tanah merupakan contoh kelompok yang berperan sebagai reduktor. logam-logam golongan ini merupakan pembentuk basa kuat. Pada reaksi antara logam Natrium dalam air terjadi reaksi redoks sebagai berikut :

Oksidasi :  Na ⇒ Na+  +  e

Reduksi : H+  +  e  ⇒  1/2 H2

Logam natrium mengalami oksidasi dalam air. Dengan kata lain logam natrium bertindak sebagai reduktor dalam reaksi. Natrium mengalami perubahan bilangan oksidasi dari 0 (Na merupakan unsur murni) menjadi +1 (Na+ memiliki muatan +1). Dalam tabel potensial sel standar (reduksi dalam air), logam natrium terletak pada bagian bawah dengan nilai potensial (Eo) sangat negatif yaitu -2.71. hal ini mengindikasikan bahwa logam natrium tergolong dalam reduktor kuat.

Pelajari lebih lanjut

Detail tambahan

Kelas : X SMA

Mapel : Kimia

Materi : Reaksi Redoks

Kode : 10.7.6

Kata Kunci : Reaksi redoks, oksidator, reduktor. bilangan oksidasi

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pernyataan yang tidak benar tentang reaksi reduksi berikut adalah Semoga Membantu.