Termos air panas mempunyai fungsi sebagai

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Termos air panas mempunyai fungsi sebagai

Termos air panas adalah piranti yang berfungsi untuk konservasi kalor. Sehingga bahan yang digunakan untuk termos adalah jenis isolator panas. Permukaan dalam termos sengaja dibuat mengkilat agar tidak ada panas yang terbuang keluar.

Pembahasan

Entalpi (H) adalah istilah dalam sistem termodinamika yang menyatakan jumlah energi dari suatusistem termoinamika. Entalpi adalah kalor yang terlibat dalam suatu reaksi kimia pada kondisi tekanan tetap (Isobarik). Entalpi dinotasikan dengan huruf H yang merupakan huruf awal dari kata “Heat of Content.”

Entalpi adalah suatu fungsi keadaan yang nilainya bergantung pada energi dalam (U), tekanan (P) dan Volume (V). Fungsi keadaan entalpi secara matematis dinyatakan dengan persamaan :

H = U  +  PV

Besar entalpi tidak dapat diukur, namur perubahan entalpi yang menyertai suatu reaksi dapat diukur dan dinyatakan dengan ΔH. Perubahan entalpi ini dinyatakan dengan persamaan berikut :

ΔH = ΔU + ΔPV

Apabila reaksi berlangsung pada tekanan konstant maka diperleh persamaan :

ΔH = ΔU = q

dimana q adalah kalor yang diserap atau dilepaskan oleh sistem pada tekanan konstan.

Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui perubahan entalpi adalah dengan menggunakan kalorimeter. Kalori meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur energi yang diserap atau dilepaskan dari suatu reaksi kimia. Di dalam kalorimeter kita dapat memasukkan suatu zat yang akan direaksikan dengan kalorimeter dimana terdapat sejumlah air pada massa tertentu. Besarnya kalor yang dilibatkan dalam reaksi dapat dinyatakan dengan persamaan ;

ΔH = q = m . c . ΔT

dimana m adalah massa zat yang akan diukur, c adalah kalor jenis air dan ΔT adalah perubahan temperatur yang terjadi selama reaksi berlangsung.

Baca Juga  Apa yang menyebabkan jarum menempel pada batang magnet

Dalam suatu reaksi kimia perubahan entalpi dapat dihitung berdasarkan energi ikatan dan entalpi pembentukan dari komponen-komponen pada reaktan dan produk yang dinyatakan dengan persamaan berikut :

aA  +  bB ⇒ cC

ΔH = ∑ ΔH produk – ∑ ΔH reaktan

atau

ΔH = ∑(Energi ikatan reaktan) – ∑ (Energi ikatan produk)

Berdasarkan nilai perubahan entalpi, reaksi kimia dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

  • Reaksi eksoterm : reaksi dimana terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan sehingga suhu lingkungan meningkat. Reaksi eksoterm melepas sejumlah energi sehingga energi sistem berkurang dan perubahan entapi negatif (ΔH < 0).
  • Reaksi endooterm : reaksi dimana terjadi perpindahan kalor dari lingkungan ke sistem sehingga suhu lingkungan menjadi lebih dingin. Reaksi endoterm menyerap sejumlah energi sehingga energi sistem bertambah dan perubahan entapi positif (ΔH > 0)

Hukum Hess

ukum Hess menyatakan bahwa ketika reaksi berlangsung mengubah reaktan menjadi produk, nilai perubahan entalpi dari reaksi adalah teteap, baik reaksi berlangsung satu tahap maupun dengan beberapa tahap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, harga perubahan entalpi dari total proses sama dengan penjumlahan perubahan entalpi setiap tahapan, misalnya:

2C + O2 ⇒ 2CO             ΔH = a kJ         …(1)

2CO + O2 ⇒ 2CO2        ΔH = b kJ       …..(2)

2C + 2O2 ⇒ 2CO2         ΔH = (a+b) kJ   …(3)

Reaksi (3) diperoleh dari penjumlahan reaksi (1) dan reaksi (2)

Pelajari lebih lanjut

Detail tambahan

Kelas : XI SMA

Mapel : Kimia

Materi : Termokimia

Kode : 11.7.2

Kata Kunci : Entalpi, energi ikatan, termodinamika, kalor

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Termos air panas mempunyai fungsi sebagai Semoga Membantu.