Mengapa kita harus menghargai perbedaan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa kita harus menghargai perbedaan

Alasan kita harus menghargai perbedaan adalah supaya tercipta kehidupan yang harmoni, selaras dan penuh kerukunan. Dalam kondisi seperti itulah pembangunan negara dapat tercapai.

Pembahasan

PERBEDAAN

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keragaman. Mulai dari keragaman budaya, suku bangsa, adat istiadat, agama dan bahasa.

Perbedaan yang ada, bukanlah jurang pemisah melainkan kekayaan yang menambah nilai kebudayaan bagi bangsa Indonesia. Perbedaan yang ada pada teman sekolah dan tetangga di lingkungan kita tinggal, seharusnya menjadi penambah ilmu pengetahuan kita tentang adat dan budaya suku dan agama lain.

Kita harus menghargai dan menghormati semua perbedaan yang ada. Apabila hal ini tidak dilakukan, orang lain akan tersinggung akibat sikap kita yang tidak menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.

Akibatnya akan terjadi perpecahan, pertikaian dan perselisihan. Akan tercipta kehidupan saling membenci dan penuh perselisihan. Sangat tidak nyaman hidup seperti itu dan negara tidak akan bisa maju.

Maka berdasarkan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu, kita harus hidup rukun dengan semua perbedaaan yang ada, yaitu dengan menghormati perbedaan yang ada, menghargai dan mengasihi sesama kita sebagai bangsa yang berbudaya, yaitu bangsa Indonesia. Dengan tujian terciptanya kehidupan yang penuh kerukunan, harmoni dan selaras.

Ditanyakan:

Alasan menghargai perbedaan ?

Penjelasan:

Alasan kita harus menghargai perbedaan adalah supaya tercipta kehidupan yang harmoni, selaras dan penuh kerukunan.

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban

Kelas : V

Mapel : PPKn

Bab : Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kode : 5.9.1.

Baca Juga  Setiap manusia mempunyai hak pendidikan karena pendidikan alat untuk mencapai

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa kita harus menghargai perbedaan Semoga Membantu.