Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan

Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia yaitu :

  • Terhindar dari pertikaian atau permusuhan
  • Meningkat toleransi antar sesama
  • Hubungan antar masyarakat damai dan tentram
  • Tali persaudaraan yang semakin erat

Pendahuluan

Indonesia merupakan sebuah negara dengan kebhinekaannya atau banyak terdapat keberagaman baik dari suku, agama, budaya, adat istiadat, bahasa, dsb. Namun, dengan keberagaman kita justru harus bangga dan kemudian mempererat persatuan dan kesatuan dengan warga lain walaupun dengan perbedaan itu. Ini akan menimbulkan banyak manfaat bagi kita dan bangsa Indonesia tentunya.

Pembahasan

Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia :

  • Terhindar dari pertikaian atau permusuhan. Dengan menjaga persatuan dan kesatuan, tentunya kita akan hidup rukun dengan masyarakat yang berbeda budaya dengan kita misalnya. Kita menghormati budaya mereka dan kagum atas salah satu kekayaan budaya Indonesia. Tentu dengan demikian tidak akan terjadi pertikaian dan permusuhan dalam masyarakat
  • Meningkat toleransi antar sesama. Dengan tidak adanya pertikaian yang terjadi akibat menjaga persatuan dan kesatuan, maka toleransi atau sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan antarindividu maupun antarsesama.
  • Hubungan antar masyarakat damai dan tentram. Tidak akan ada permusuhan dan konflik di tengah masyarakat, maka timbullah hubungan yang damai dan tentram di tengah keberagaman.
  • Tali persaudaraan makin kuat. Hubungan silaturahmi akan terjalin kuat apabila kita saling menghargai dan menghormati. Kita tidak akan segan membantu apabila ada yang kesusahan dan membutuhkan bantuan. Karena jika sudah merasa bersaudara kita akan merasakan sakit apabila saudara kita yang lain juga sakit. Inilah sikap yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan jadikan perbedaan sebagai sengketa untuk bertikai.
Baca Juga  Sebutkan unsur unsur pembentuk iklan

Jadi, dengan manfaat-manfaat tersebut semoga kita terus bisa mempertahankan persatuan dan kesatuan antar bangsa. Karena bangsa ini tidak akan dapat maju jika tidak dari persatuan rakyatnya. Semoga keberagaman Indonesia ini dapat membuat kita tambah bangga dan membanggakan Indonesia di kancah dunia. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga keberagaman tersebut.

________________________________

Pelajari lebih lanjut :

  1. Makna persatuan dan kesatuan bangsa brainly.co.id/tugas/22762515
  2. Pengertian persatuan dan kesatuan brainly.co.id/tugas/47881
  3. Kunci dari persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia brainly.co.id/tugas/23024183

Detil Jawaban

Mapel : PPKn

Kelas : 7 SMP

Materi : Bab 6 – Pembelajaran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kata Kunci : Manfaat persatuan dan kesatuan

Kode Kategorisasi : 7.9.6

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan Semoga Membantu.