Sebutkan faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia

Faktor-faktor penyebab keberagaman masyarakat di Indonesia adalah:

  1. keragaman suku bangsa
  2. keragaman agama
  3. letak strategis Indonesia
  4. banyaknya pengaruh budaya dari luar
  5. wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan
  6. perbedaan kondisi alam

Pembahasan:

Indonesia adalah negara yang majemuk atau beraneka ragam suku, bangsa dan agamanya.  

Keanekaragaman suku bangsa ini berpengaruh akan banyaknya variasi budaya.  Setiap suku di Indonesia memiliki adat budaya tersendiri. Misalnya suku Minang memiliki adat rumah Gadang, suku Toraja memiliki rumah adat Tongkonan dan suku Jawa memiliki rumah adat Joglo.

Selain suku bangsa, keragaman agama yang dianut juga mempengaruhi perbedaan budaya. Misalnya perbedaan antara ritual dan baju yang dipakai oleh suku bangsa jawa yang beragama Kristen dan Hindu dengan suku Jawa yang beragama Islam. Meski suku bangsa sama, perbedaan agama membuat adanya perbedaan budaya yang kentara.

Letak Indonesia yang strategis di jalur perdagangan dunia, yaitu di dekat Selat Malaka, menyebabkan keanekaragaman budaya karena masuknya budaya luar. Misalnya budaya China dan India yang dibawa pedagang kedua negara ini sejak masa kerajaan Hindu-Buddha, karena lokasi strategis Indonesia di jalur perdagangan dunia

Wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan mempengaruhi keragaman penduduk. Di berbagai penjuru wilayah yang luas dan terpisah satu sama lain, berkembang kebudayaan yang unik dan berbeda satu sama lain. Misalnya, budaya di pulau Sumatera dan pulau Nias yang relatif dekat, namun terpisah selat dan samudera, sudah berbeda cuku besar.  

Perbedaan kondisi alam yang ada menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia. Misalnya pulau Jawa yang subur dengan curah hujan tinggi membuat penduduknya bercocok tanam padi, sementara pulau Sumbawa yang kering penduduknya banyak beternak

Baca Juga  Jelaskan makna kemerdekaan beragama bagi bangsa indonesia

——————————————————————————–

Detail Jawaban    

Kode: 8.10.4

Kelas: VIII

Mata pelajaran: IPS

Materi: Bab 4 – Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia Semoga Bermanfaat.