Pangeran antasari berasal dari daerah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pangeran antasari berasal dari daerah

Pangeran Antasari merupakan pangeran Banjar dari daerah Kalimantan Selatan.

Pembahasan

Pangeran Antasari adalah pangeran Banjar yang di Banjarmasin tahun 1797, dan dikebumikan di Bayan Begak pada 11 Oktober 1862 di Banjarmasin.

Pangeran Antasari identik dengan Perlawanan rakyat banjar terhadap belanda ketika belanda mengangkat Tamjidillah sebagai Sultan Banjar yang menggantikan Sultan Adam yang wafat. Sultan Tamjidillah  merupakan bangsawan yang tidak disukai oleh Masyarakat Banjar dan ia dikenal cenderung lebih dekat pada Belanda.

Rakyat Banjar dan bangsawan kesultanan Banjar termasuk Pangeran Antasari, menuntut agar Pangeran Hidayatullah telah ditunjuk sebagai pewaris sah tahta Kesultanan Banjar. Sehingga ia pantas menjadi Sultan Banjar. Sejak saat itulah, rakyat Banjar dengan dipimpin oleh Pangeran Hidayatullah, Pangeran Antasari, serta  Demang Leman mengangkat senjata melawan kekuasaan kolonial Belanda di kalimantan Selatan.

Pangeran Antasari berhasil menyerang dan menguasai kedudukan belanda di gunung Jabuk. Pangeran Antasari juga menyerang tambang batubara Belanda di Pengaron. Pejuang-pejuang Banjar juga berhasil menenggelamkan kapal Onrust beserta pemimpinya, seperti Letnan Van der Velde dan Letnan Bangert. Peristiwa yang memalukan Belanda ini terjadi atas siasat Pangeran Antasari dan Tumenggung Suropati.

Meski gagal dan terbunuhnya Pangeran Antasari, kepahlawanannya diakui oleh nasional. Sehingga ia ditunjuk sebagai pahlawan nasional pada tanggal 23 Maret 1968.

Pelajari lebih lanjut

Biodata pangeran antasari

===================

Detail Jawaban

Kode           : 11.3.5

Kelas          : 11 SMA

Mapel         : Sejarah Indonesia

Bab             : Pahlawan Nasional Indonesia

Baca Juga  Ragam ilustrasi yang ditunjukkan oleh gambar diatas adalah

Kata Kunci : berasal dari daerah manakah pangeran antasari, Pangeran Antasari

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pangeran antasari berasal dari daerah Semoga Membantu.