Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan

Peran Tari Gandrung saat perjuangan melawan penjajah adalah sebagai lambang perjuangan rakyat Blambangan atas kependudukan kolinial Belanda. Tari ini juga menjadi pemersatu rakyat ketika melawan penjajah.

Pembahasan

Tari Gandrung merupakan sebuah tari kolosal yang menjadi sebuah lambang akan perjuangan dari raykat Blambangan serta menjadi pemersatu ketika sedang melakukan perlawanan terhadap kolonial Belanda yang dilakukan pada tahun 1776 hingga tahun 1810.

Semenjak saat itu, Tari Gandrung secara turun temurun menjadi sebuah lambang dari perjuangan untuk melakukan perlawanan. Dalam pelaksanaannya, Tari Gandrung menyajikan sebuah pertunjukan yang dilakukan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya dan juga disaat berkeliling pada satu tempat ke tempat lainnya diiringi dengan musik yang sederhana.  

Gandrung secara keseluruhan pada masa penjajahan Belanda digunakan untuk memata-matai para kaum gerilyawan, melakukan penyampaian pesan yang dilakukan secara simbolik serta untuk melakukan kegiatan pengumpulan terhadap logistik untuk pasukan yang berada di daerah pedalaman akibat penjajahan Belanda.

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Kelas: XI

Mapel: Sejarah

Bab: Perjuangan Daerah di Indonesia

Kode: 11.3.2

Kata Kunci: Tari Gandrung, Penjajah

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan Semoga Membantu.

Baca Juga  Peraturan daerah yang dibuat oleh kepala daerah kabupaten biasanya berupa