Sebab khusus terjadinya perang diponegoro adalah

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Sebab khusus terjadinya perang diponegoro adalah

Sebab khusus terjadinya Perang Diponegoro adalah pemasangan anjir (pancang atau patok) yang melewati tanah pekarangan Pangeran Diponegoro tanpa ijin yang dilakukan oleh residen Belanda.

Pembahasan

Perang Diponegoro meletus pada 20 Juli 1825 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pangeran Diponegoro adalah putra Sultan Hamengkubuwana III dengan nama asli Pangeran Ontowiryo.

Pangeran Diponegoro berusaha menentang dominasi Belanda terhadap masyarakat Jawa. Alasan umum Pangeran Diponegoro sangat menentang Belanda adalah

  1. Campur tangan Belanda dalam adat dan budaya keraton yang sudah lama ada dan melahirkan budaya Barat yang tidak sesuai dengan budaya Timur.
  2. Belanda mengizinkan perusahaan asing menyewa  tanah sawah untuk kepentingan perusahaan. Sehingga para petani pemilik tanah sawah dijadikan tenaga kerja paksa.
  3. Rakyat diwajibkan membayar berbagai macam  pajak, seperti:
  • welah-welit (pajak tanah)
  • pengawang-awang (pajak  halaman kekurangan)
  • pecumpling (pajak jumlah pintu)
  • pajigar (pajak ternak)
  • penyongket (pajak pindah nama)
  • bekti (pajak menyewa  tanah atau menerima jabatan)

Sedangkan sebab khusus Perang Diponegoro adalah:

Pada tahun 1825, Smissaert dan Patih Danurejo memasang anjir (pancang atau patok) dalam rangka  membuat jalan baru. Anjir tersebut melewati tanah pekarangan milik Pangeran Diponegoro dan pemasangannya pun tanpa seijin  Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro marah dan memerintahkan para prajuritnya untuk mencabut anjir dan menggantinya dengan tombak. Warga desa Tegalrejo (desa di mana Pangeran Diponegoro) pun marah, hingga terjadilah perang antara warga desa dengan pasukan macanan (pasukan pengawal kepatihan Patih Danurejo). Tetapi pasukan Pangeran Diponegoro kalah dan melarikan diri ke Goa Selarong untuk menyusun strategi dan pasukan untuk penyerangan berikutnya.

Baca Juga  Salah satu cara untuk menghindari pergaulan bebas secara preventif adalah

Pelajari lebih lanjut

=======================

Detil tambahan

Kelas: XI

Pelajaran: Sejarah Indonesia

Bab: Perang Melawan Kolonialisme (Bab 2)

Kode: 11.3.2

Kata kunci: Perang Diponegoro, sebab khusus Perang Diponegoro

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebab khusus terjadinya perang diponegoro adalah Semoga Membantu.