Alasan demak menyerang portugis di malaka adalah

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Alasan demak menyerang portugis di malaka adalah

Mata pelajaran: IPS
Kelas: SMP
Kategori: Sejarah – sebab serangan Demak ke Portugis
Materi: sebab serangan Demak atas Portugis
Kata kunci: sebab serangan Demak atas Portugis

Pembahasan:
Penyeban Demak melakukan serangan ke Portugis adalah karena tindakan Portugis yang memonopoli perdagangan rempah-rempah di Selat Malaka yang sangat merugikan rakyat Indonesia di berbagai daerah, termasuk Demak. Keadaan ini mendorong rakyat Demak untuk bangkit mengadakan perlawanan terhadap Portugis. Raden Patah segera menyusun kekuatan untuk mengusir tentara Portugis yang ada di Malaka.

Pada tanggal 1 Januari 1513, Kerajaan Demak mengirimkan pasukan yang berkekuatan 100 perahu dan 10.000 prajurit untuk menyerang Portugis di Malaka. Pasukan Demak dipimpin oleh ADipati Unus (Pangeran Sabrang Lor). Dalam serangan tersebut, tentara Demak tidak berhasil mengusir Portugis dari Malaka, bahkan mereka mengalami kekalahan. Kekalahan tersebut disebabkan oleh persenjataan Portugis yang lebih lengkap dibandingkan dengan persenjataan yang dimiliki pasukan Demak.

Demak melakukan blokade pengiriman beras ke Malaka sehingga Portugis kekurangan makanan.
Puncak kebesaran Demak terjadi pada masa pemerintahan Sultan Trenggono (1521-1546), karena pada masa pemerintahannya Demak memiliki daerah kekuasaan yang luas dari Jawa Barat sampai Jawa Timur.

Pada tahun 1527, pasukan Demak di bawah pimpinan Fatahillah kembali menyerang Portugis yang dipimpin oleh Henri Lame di Sunda Kelapa. Dalam pertempuran tersebut, Demak berhasil mengalahkan pasukan Portugis dan mengusir mereka dari Sunda Kelapa yang kemudian diganti menjadi Jayakarta.

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Alasan demak menyerang portugis di malaka adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Membantu ibu guru membawakan buku merupakan contoh