Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses

Kelas: X
Mata pelajaran: Wirausaha
Materi: Tokoh Wirausaha
Kata kunci: Iwan Tirta

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses misalnya adalah pengusaha batik Iwan Tirta.

Hal-hal yang membuat wirausahawan tersebut berhasil adalah kreativitasnya dan ketekunananya.

Jawaban panjang:

Iwan Tirta adalah salah satu pengusaha fashion ternama di Indonesia. Iwan berhasil membawa batik mendunia pada tahun 1980an dan 1990an.

Iwan Tirta lahir dengan nama asli Nusjirwan Tirtaamidjaja di Blora, Jawa Tengah, pada 18 April 1935. Dia meninggal di Jakarta pada 31 Juli 2010 karena sakit stroke dan diabetes.

Iwan membawa batik ke pangging dunia setelah menjadi perancang batik yang dikenakan oleh presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan dan istrinya, Nancy Reagan, saat mereka mengunjungi Indonesia pada tahun 1986.

Kemudian, dia juga menjadi perancang batik yang digunakan saat Konferensi Tingkat Tinggi APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) pada tahun 1994.

Kesuksesan Iwan Tirta tak lepas dari ketekunannya. Untuk menghasilkan batik berkualitas tinggi, Iwan Tirta menggunakan kerajinan batik tulis. Ini meski dengan waktu pengerjaan batik tulis yang sangat lama, dapat mencapai 2 hingga 9 bulan.

Selain itu Iwan Tirta memiliki kreatifitas tinggi. Iwan Tirta tidak hanya menggunakan motif batik kraton dari Solo atau Yogyakarta sebagai Inspirasi, namun juga menggunakan motif batik Jawa Hokokai. Motif batik Jawa Hokokai adalah motif batik dari pesisir utara Jawa yang dipengaruhi oleh budaya dan motif Jepang, akibat dari pendudukan Jepang pada tahun 1942 hingga 1945.

Dengab kreatifitas ini Iwan Tirtta dapat menghasilkan motif yang sangat beragam. Ketika meninggal pada tahun 2010, Iwan Tirta mewariskan lebih dari 6000 motif batik.

Baca Juga  Berikan contoh cara menghargai teman

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses Semoga Membantu.