Manfaat utama adanya perizinan usaha bagi pemerintah daerah adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Manfaat utama adanya perizinan usaha bagi pemerintah daerah adalah

Kelas: XI
Mata pelajaran: Ekonomi
Materi: Pajak
Kata kunci: perijinan

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Manfaat izin usaha bagi pengusaha:
1. Memberi kepastian hukum
2. Melindungi dari persaingan tidak sehat
3. Sebagai bentuk ketaatan hukum

Manfaat izin usaha bagi pemerintah:
1. Sebagai sumber pendapatan
2. Untuk melindungi konsumen
3. Untuk melindungi lingkungan

Jawaban panjang:

Ketika suatu perusahaan hendak berdiri, perusahaan tersebut memerlukan izin dari pemerintah setempat. Izin ini misalnya adalah sertifikasi halal dan izin rumah makan bagi rumah makan atau restoran, analisa dampak lingkungan, izin ruangan dan sebagainya.

Perizinan ini memiliki beberapa manfaat baik bagi pengusaha maupun pemerintah.

Manfaat izin usaha bagi pengusaha:
1. Memberi kepastian hukum

Dengan izin pengusaha akan mendapat ketenangan karena usahanyasudah susai dengan peraturan. Dengan demikian pengusaha akan mendapat perlindungan dari oknum-oknum ataupun dari masalah seperti preman dan demonstrasi.

2. Melindungi dari persaingan tidak sehat

Dengan perizinan yang ketat, pengusaha akan terlindungi dari pesaingnya yang melakukan stratgei tidak sehat. Misalnya dengan izin pemotongan hewan, pengusaha bidang ini akan terlindungi dari persaingan pengusaha nakal yang memotong hewan sakit.

3. Sebagai bentuk ketaatan hukum

Dengan perizinan ini, menunjukkan bahwa pengusaha tersebut taat hukum. Ini bisa digunakan sebagai bahan promosi untuk meyalinkan konsumen akan kulaitas pelayanan dan produk dari pengusaha tersebut.

Manfaat izin usaha bagi pemerintah:
1. Sebagai sumber pendapatan

Biaya perijinan dan pajak seperti pajak restoran adalah sumber pendapatan penting bagi daerah. Pendapatan ini dapat digubakan untuk pembangungan di daerah tersebut.

Baca Juga  Men sana in corpore sano artinya

2. Untuk melindungi konsumen

Perijinan diginakan untuk melindungi masyarakat dsri produk tidak sehat dan berbahaya. Seperti misalnya melindungi masyarakat dari makanan yang kadaluarsa atau dari produk perumahan yang rawan bencana.

3. Untuk melindungi lingkungan

Perijinan digunakan untuk melindungi lingkungan dari limbah dan dampak induatri, misalnya dari pencemaran sungai akibat sisa pabrik atau rusaknya hutan akibat penebangan liar.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Manfaat utama adanya perizinan usaha bagi pemerintah daerah adalah Semoga Membantu.