Negara di sebelah barat inggris

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Negara di sebelah barat inggris

Negara di sebelah barat Inggris  adalah Irlandia

Pembahasan:  

Republik Irlandia adalah negara di benua Eropa bagian barat, yang terletak di bagian tengah dan selatan Pulau Irlandia, di sebelah barat Inggris.

Ibukota Irlandia adalah Dublin, yang terletak di pesisir timur republik ini, menghadap Laut Irlandia. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 84,421 km², dengan penduduk sekitar 6,5 juta jiwa.

Penduduk Irlandia sebagian besar berasal dari suku bangsa Irlandia, yang merupakan bagian dari rumpun bangsa Celtic, seperti suku bangsa Skotlandia dan Wales. Secara tradisi, penduduk Irlandia banyak beragama Katolik.

Irlandia adalah negara berekonomi maju, dengan industri dan jasa memberi kontribusi besar pada perekonomiannya.

Irlandia merupakan negara anggota Uni Eropa, namun karena netralitas di bidang militer, Irlandia tidak bergabung dengan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara).

Negara ini memiliki iklim Maritim, dengan wilayah yang hijau dengan curah hujan tinggi, karena terletak di pesisir Samudera Atlantik, dengan angin yang membawa banyak uap air.

Irlandia merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1922, setelah dijajah Inggris sejak Abad Pertengahan.  

Pemisahan pulau Irlandia menjadi dua bagian ini (Republik Irlandia yang merdeka  dan Irlandia Utara di bawah Inggris), adalah akibat Perang Kemerdekaan Irlandia melawan Inggris tahun 1919-1921. Bagian tengah dan selatan Pulau Irlandia yang mayoritas Katolik menginginkan kemerdekaan dan sekarang menjadi Republik Irlandia, sementara bagian utara yang mayoritas Kristen Protestan menginginkan tetap bersatu dengan Kerajaan Inggris.

Pelajari Lebih Lanjut

1. Nama negara dimulai huruf d

2. Negara yang paling dekat dengan Kutub Selatan adalah..

Detail Jawaban:    

Baca Juga  Contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari hari

Kode: 9.10.10

Kelas: IX  

Mata Pelajaran: IPS          

Materi: Bab 10 – Benua dan Samudra

Kata Kunci: Irlandia

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Negara di sebelah barat inggris Semoga Membantu.