Dataran tinggi tibet terletak di negara

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Dataran tinggi tibet terletak di negara

Dataran tinggi Tibet terletak di negara … China

Pembahasan:

Dataran Tinggi Tibet adalah dataran tinggi yang tinggi di benua Asia yang meliputi sebagian besar Daerah Otonomi Tibet dan provinsi Qinghai di China bagian barat.

Membentang sekitar 1.000 km utara ke selatan dan 2.500 kilometer km dari timur ke barat, dengan luas 2.500.000 km2, Dataran Tinggi Tibet adalah dataran tinggi terluas di dunia.

Dataran Tinggi Tibet memiliki ketinggian rata-rata lebih dari 4.500 meter dan dikelilingi oleh barisan Pegunungan Himalaya di Selatan, Karakorum di barat, Kunlun di utara dan Hengduan di timur.  

Di batas dataran tinggi ini terdapat Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia.  Dataran Tinggi Tibet sering disebut sebagai “Atap Dunia“, karena posisinya yang tinggi ini

Dataran Tinggi Tibet merupakan sumber berbagai sungai penting Asia, seperti sungai Brahmaputra, Irrawaddy, Yangtze, dan Mekong, yang mendapat air dari glasier di pegunungan sekitar Tibet.

Dataran Tinggi Tibet dan Pegunungan Himalaya ini terbentuk akibat tumbukan lempeng tektonik bumi, yaitu antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia, sekitar 50 juta tahun lalu.

Suku bangsa asli di dataran tinggi ini adalah suku Tibet, yang sebagian besar menganut agama Buddha dari aliran Vajrayana. Suku Tibet memiliki banyak adaptasi yang meungkinkannya bertahan hidup di kondisi ketinggian ini.

————————————————————————————-

Detail Jawaban:

Kode: 6.10.3

Kelas: VI  

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 3 – Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Benua-Benua di Dunia

Kata kunci: Dataran Tinggi Tibet, China  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Dataran tinggi tibet terletak di negara Semoga Membantu.