Batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya

Batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya adalah:

  1. Batas di utara: China, Laut China Selatan
  2. Batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini
  3. Batas di selatan: Samudera Hindia
  4. Batas di barat: Samudera Hindia, India

Pembahasan:

Letak geografis adalah letak relatif terhadap lokasi lain di suatu wilayah. Asia Tenggara adalah kawasan di benua Asia. Letak geografis kawasan Asia Tenggara adalah di antara benua Asia di sebelah utara dan Australia di sebelah selatan, di antara India (Asia Selatan) dan China (Asisa Timur), dan di antara Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di timur:

Asia Tenggara terdiri dari sebelas negara yang membentang di antara India timur hingga China, dan umumnya dibagi menjadi wilayah yaitu  “Asia Tenggara Daratan” dan ” Asia Tenggara Kepulauan“.  

Asia Tenggara Daratan meliputi negara Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Wilayah ini merupakan perpanjangan daratan benua Asia.  

Asia Tenggara Kepulauan terdiri dari pulau-pulau lepas pantai dari Asia Tenggara Daratan, meliputi Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, Brunei, dan Timor Timur.

Dampak dari lokasi geografis ini, Asia Tenggara memiliki strategis yang terletak di jalur perdagangan utama dunia, yaitu di sekitar Selat Malaka. Ini membuat banyak potensi perdagangan di Indonesia, serta masuknya berbagai budaya luar, seperti pengaruh agama Hindu dan Buddha dari India.

————————————————————————–

Detail jawaban:

Kode: 9.10.9  

Kelas: IX  

Mata Pelajaran: IPS      

Materi: Bab 9 – Asia Tenggara

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya Semoga Membantu.