Program pensiunan dan bpjs merupakan aplikasi dari

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Program pensiunan dan bpjs merupakan aplikasi dari

Jawaban:

Program pensiunan dan BPJS merupakan aplikasi dari B. Redistribusi horizontal

PEMBAHASAN :

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Banyak warga negara yang cukup dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun disamping itu banyak juga warga negara Indonesia yang mengalami kemiskinan. Hal ini dapat digolongkan bahwa bangsa Indonesia memiliki warga dengan kelas atas dan kelas bawah. Dengan adanya kelas bawah harus menjadi perhatian pemerintah untuk mengurangi kemiskinan yang dapat berdampak ada tindakan-tindakan anarkis lainnya. Dengan ini pemerintah melakukan sistem pendistribusian kembali atau biasa disebut dengan redistribusi.

Redistribusi atau pendistribusian kembali adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk memberikan kesejahteraan kelompok masyarakat miskin dari kelompok masyarakat kaya yang berasal dari pajak atau pungutan lainnya. Dalam redistribusi pendapatan terdapat dua macam yaitu redistribusi vertikal dan redistribusi horizontal. Redistribusi vertikal yaitu redistribusi yang dilakukan oleh kelompok atas kepada kelompok kaya sedangkan redistribusi horizontal adalah redistribusi yang dilakukan secara sejajar ( antar kelompok atau antar pribadi ).

BPJS singkatan dari badan penyelenggara jaminan sosial. BPJS berkaitan dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Bagi masyarakat yang menggunakan BPJS wajib membayar iuran perbulan. Iuran tersebut digunakan untuk membayar pelayanan yang diberikan pemerintah ketika kita sakit dan perlu dirawat atau diobati. Hal ini membuktikan bahwa BPJS merupakan redistribusi horizontal karena bersifat antar pribadi.

PELAJARI LEBIH LANJUT :

DETAIL TAMBAHAN :

Mapel : IPS

Kelas : 8

Materi : Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal dasar Pembangunan Nasional

Kata Kunci : redistribusi pendapatan,vertikal,horizonal

Kode Soal : 10

Kode Kategorisasi : 8.10.3

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Program pensiunan dan bpjs merupakan aplikasi dari Semoga Membantu.