Buku max havelaar ditulis oleh

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Buku max havelaar ditulis oleh

Buku Max Havelaar ditulis oleh orang Belanda yang bernama asli Edward Douwes Dekker.

PEMBAHASAN :

Penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia di antaranya Baron Van hoevel, Edward Douwes Dekker dan Mr. Van Deventer. Edward Douwes Dekker, yang terkenal dengan nama samaran Multatuli menulis buku “Max Havelaar” pada tahun 1860 ini menggambarkan bagaimana penderitaan rakyat Lebak Banten. Akibat penjajahan Belanda Mr. Van Deventer mengusulkan agar pemerintah Belanda menerapkan politik balas budi atau etische politic politik balas budi terdiri dari tiga program yaitu edukasi transmigrasi dan irigasi.

Atas desakan berbagai pihak akhirnya pemerintah Belanda menerapkan politik balas budi. Politik balas budi bukan untuk kepentingan rakyat Indonesia melainkan untuk kepentingan pemerintah Belanda. Contoh : irigasi : dibangun untuk kepentingan pengairan perkebunan milik Belanda, pembangunan sekolah atau edukasi : bertujuan untuk menyediakan tenaga terampil dan murah.

Di sisi lain pembangunan sekolah melahirkan dampak positif bagi bangsa Indonesia yaitu munculnya masyarakat terdidik dan atau mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan mengisi bangsa Indonesia yang sebenarnya. Bangsa Indonesia saat itu kondisinya bodoh, terbelakang dan kemiskinan merajalela mereka yang mengenyam pendidikan dan sadar akan nasib bangsanya selanjutnya menjadi tokoh-tokoh kebangkitan nasional.

PELAJARI LEBIH LANJUT :

DETAIL TAMBAHAN :

Mapel : PPKn

Kelas : 9

Materi : Pembelaan Negara

Kata Kunci : buku,tanam paksa

Kode Soal : 9

Kode Kategorisasi : 9.9.1

#OptiTeamCompetition

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Buku max havelaar ditulis oleh Semoga Membantu.

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan permainan bulu tangkis