Pada tahun berapa kolonialisme inggris di indonesia

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pada tahun berapa kolonialisme inggris di indonesia

Masa Kolonial Inggris berlangsung ketika Inggris menduduki Indonesia pada tahun 1811 hingga tahun 1815. Pendudukan Inggris ini seiring dengan invasi dan kemenangan Inggris atas Hindia Belanda (nama Indonesia saat itu) dalam masa Perang Napoleon

Pembahasan:

Masa penjajahan Belanda di Indonesia sempat disela oleh masa penjajahan Inggris. Serangan Inggris terhadap Hindia Belanda (nama Indonesia saat dijajah Belanda), terjadi akibat Perang Napoleon di Eropa (antara 1803-1815 M).  

Invasi Inggris ke Indonesia ini disebabkan karena saat itu Belanda merupakan negara bawahan Perancis, sementara, Perancis dibawah pemerintahan Napoleon Bonaparte sedang bermusuhan dan berperang dengan Inggris. Serangan Inggris di Hindia Belanda membuat perintahan kolonial Belanda, yang dipimpin oleh Jan Willem Janssens menyerah.  

Penjajahan Inggris mulai ketika Belanda menyerah pada 18 September 1811 di desa Tuntang, di dekat Semarang, dalam perjanjian yang disebut dengan “Kapitulasi Tuntang”.

Gubernur Jenderal Inggris di India Gilbert Elliot-Murray-Kynynmound, Earl Minto (biasa dikenal dengan nama Baron Minto) menunjuk Sir Thomas Stamford Raffles sebagai penguasa Indonesia dengan gelar ”Letnan Gubernur”. Sebagai pemimpin pendudukan Inggris di Indonesia, Raffles mengambil beberapa kebijakan penting seperti:

  1. Penerapan pajak tanah dan penghapusan peyerahan wajib
  2. Penghapusan perbudakan
  3. Mengirimkan ekspedisi penelitian menemukan kembali candi Borobudur, dan candi Prambanan serta bunga Rafflesia
  4. Menerapkan sistem Karesidenan
  5. Membangun Kebun Raya Bogor

Masa penjajahan Inggris berlangsung hingga dikembalikannya Indonesia oleh Inggris tahun 1816 kepada Belanda setelah selesainya Perang Napoleon di Eropa.

Pelajari lebih lanjut:

1. Jelaskan latar belakang dan tujuan datangnya bangsa barat ke Indonesia?

Baca Juga  Berapa jumlah pemain dalam permainan bola voli

2. Uraikan fase penjajahan yg dialami oleh bangsa Indonesia

Detail Jawaban  

Kode: 11.3.1

Kelas: XI

Mata pelajaran: Sejarah    

Materi: Bab 1 – Bangsa Eropa di Indonesia

Kata kunci: Masa Kolonial Inggris di Indonesia  

 

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Pada tahun berapa kolonialisme inggris di indonesia Semoga Membantu.