Mengapa persatuan dan kesatuan penting untuk kesejahteraan umum

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa persatuan dan kesatuan penting untuk kesejahteraan umum

Peta pikiran tentang “Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?” dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku yaitu

1. Apa modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera?

Jawaban: Modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera adalah persatuan dalam keberagaman.

2. Bagaimana cara mejaga keutuhan NKRI?

Jawaban: Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antarsuku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia.

3. Siapa yang harus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?

Jawaban: Seluruh rakyat Indonesia harus menjaga keutuhan NKRI.

4. Mengapa rakyat harus bersatu dalam suasana yang aman?

Jawaban: Rakyat harus bersatu dalam suasana yang aman karena jika pembangunan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat. Jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat.

5. Di mana kita harus menjaga keutuhan NKRI yang berhubungan dengan negara lain?

Jawaban: Kita menjaga keutuhan NKRI di daerah perbatasan Indonesia dengan negara lain dan menjaga pulau-pulau paling luar di Indonesia.

6. Kapan kita menunjukkan sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan?

Jawaban: Kita menunjukkan sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan ketika kita harus saling menghormati dan menghargai antarsesama yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.

Pembahasan

Peta pikiran adalah suatu cara yang digunakan untuk menemukan informasi-informasi dalam suatu bacaan. Informasi yang ditemukan dituliskan di dalam kotak-kotak peta pikiran. Peta pikiran merupakan suatu metode yang menggunakan kata tanya 5W1H. Kata tanya tersebut adalah what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Baca Juga  Hubungan antar tulang tengkorak termasuk sendi

Yang harus diperhatikan dalam membuat pertanyaan dengan kata-kata tanya adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ada di dalam teks atau bacaan tersebut. Jadi, kita tidak bisa membuat asal pertanyaan dengan kata tanya. Seperti contoh pertanyaan “apa manfaat persatuan dan kesatuan?”. Pada teks tidak ada jawaban dari pertanyaan ini Sehingga, pertanyaan ini tidak dapat digunakan.

Pelajari lebih lanjut

———————————————

Detail Jawaban

Kelas: VI

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Persatuan dalam Perbedaan (tema 2)

Kode: 6.1.2

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa persatuan dan kesatuan penting untuk kesejahteraan umum Semoga Membantu.