Mengapa benua afrika disebut benua hitam

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa benua afrika disebut benua hitam

Benua Afrika disebut sebagai benua hitam karena …

  1. pada masa lalu banyak bagian benua Afrika tidak diketahui dan belum dijelajahi
  2. penduduk asli benua Afrika berkulit hitam

Pembahasan:

Benua Afrika disebut “benua hitam” (“The Dark Continent”) karena warna kulit penduduk Afrika yang tinggal di sebelah selatan Gurun Sahara (Sub-Sahara Afrika) berwarna hitam.  

Namun, istilah “benua hitam” juga digunakan oleh Orang Eropa untuk benua Afrika, karena sebagian besar wilayah Afrika pada abad ke-19 M adalah wilayah yang tidak diketahui dan belum dijelajahi. Hal ini karena medan yang berat akibat hutan yang lebat dan penyakit tropis yang mewabah seperti Malaria.

Baru pada akhir abad 19 M, dilakukan penjelajahan yang menelusuri bagian dalam benua Afrika, misalnya oleh David Livingstone dan Henry Morton Stanley.

Warna hitam untuk benua Afrika digunakan misalnya untuk bendera Olimpiade. Bendera ini terdiri dari cincin yang berkaitan, dengan warna-warna yang berbeda, yaitu biru untuk benua Eropa, kuning untuk Asia, hitam untuk Afrika, hijau untuk Australia dan Oseania, dan merah untuk Amerika. Sebelum tahun 1951, secara resmi dinyatakan bahwa setiap warna sesuai dengan benua tertentu, namun setelahnya warna ini hanya dikaitkan secara tidak resmi.  

———————————————————————————————

Detail jawaban:

Kode: 9.10.10  

Kelas: IX  

Mata pelajaran: IPS/Geografi

Materi: Bab 10 – Benua dan Samudera

Kata kunci:  Benua Afrika, Benua Hitam, Benua

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa benua afrika disebut benua hitam Semoga Membantu.

Baca Juga  Dalam myob penilaian persediaan menggunakan metode