Keragaman etnik di benua eropa

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Keragaman etnik di benua eropa

Keragaman etnik di benua Eropa terdiri dari suku bangsa Nordik, suku bangsa Alpen, suku bangsa Mediteran, suku bangsa Slavia, dan suku bangsa Dinarik. Kelima suku bangsa tersebut merupakan bagian dari ras kaukasoid.

Pembahasan

Benua Eropa merupakan benua yang terletak pada 35° LU – 80° LU dan 9° BB – 60° BT. Batas wilayah benua Eropa adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara, berbatasan dengan Samudera Arktik.
  2. Sebelah selatan, berbatasan dengan Laut Tengah.
  3. Sebelah barat, berbatasan dengan Samudera Atlantik.
  4. Sebelah timur, berbatasan dengan Pegunungan Ural, laut Kaspia, dan benua Asia.

Perlu kamu ketahui bahwa benua Eropa mendapat julukan sebagai benua biru. Hal tersebut karena dua alasan berikut ini:

  1. Sebagian besar penduduk benua Eropa berasal dari ras kaukasoid yang memiliki mata biru.
  2. Sebagian besar penduduk benua Eropa merupakan keturunan dari bangsawan kerajaan sehingga memunculkan istilah darah biru.

Benua Eropa memiliki etnik yang beragam. Salah satu keberagaman etnik benua Eropa tercermin pada suku bangsa yang beragam. Penduduk benua Eropa terdiri dari lima suku bangsa berikut ini:

  1. Suku bangsa Nordik, merupakan suku bangsa benua Eropa yang memiliki ciri mata biru, rambut pirang, dan tengkorak panjang. Suku bangsa Nordik tersebar di negara-negara Eropa bagian barat dan utara, seperti Inggris, Denmark, dan Belanda.
  2. Suku bangsa Alpen, merupakan suku bangsa benua Eropa yang memiliki ciri mata hitam, rambut hitam, dan tengkorak lebar. Suku bangsa Alpen tersebar di negara-negara Eropa bagian selatan dan tengah, seperti Perancis, Swiss, dan Austria.
  3. Suku bangsa Mediteran, merupakan suku bangsa benua Eropa yang memiliki ciri mata hitam, rambut hitam, dan tengkorak panjang. Suku bangsa Mediteran tersebar di negara-negara Eropa bagian selatan, seperti Italia, Spanyol, dan Yunani.
  4. Suku bangsa Slavia, merupakan suku bangsa benua Eropa yang memiliki ciri mata hitam, rambut hitam, dan tengkorak lebar. Suku bangsa Slavia tersebar di negara-negara Eropa bagian timur, seperti Rusia, Ukraina, dan Kroasia.
  5. Suku bangsa Dinarik, merupakan suku bangsa benua Eropa yang memiliki ciri rambut gelap. Suku bangsa Dinarik terdapat di negara Rumania.
Baca Juga  Perbandingan skala termometer berikut ini yang benar adalah

Detil jawaban

Kelas: IX

Mapel: IPS

Bab: Benua dan Samudera

Kode: 9.10.10

Kata kunci: benua eropa, keragaman etnik, suku bangsa

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Keragaman etnik di benua eropa Semoga Membantu.