Kapan bangsa barat mulai melakukan penjelajahan samudra

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Kapan bangsa barat mulai melakukan penjelajahan samudra

Bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra sejak 7 Juni 1494 oleh Portugis dan Spanyol. Pada masa itu Paus membagi dunia menjadi dua untuk pelayaran Portugis dan Spanyol. Pembagian ini dikenal dengan nama Perjanjian Tordesillas. Portugis dan Spanyol melakukan pelayaran dengan membawa misi yang dikenal dengan 3G. 3G adalah Gold (Kekayaan), Glory (Kehebatan/Kejayaan), Gospel (penyebaran injil).

Pembahasan

Asia khususnya Laut tengah dikenal oleh bangsa eropa sebagai daerah penghasi rempah-rempah. Para pedagang Asia lebih tepatnya pedagang India sering memperdagangkan rempah-rempah ke bangsa Barat. Hal inilah mengapa Belanda menyebut Indonesia sebagai daeraha Hindia Belanda.

Namun perdagangan ini terganggu semenjak meletusnya perang salib pada 1096 – 1291. Perang ini adalah perang agama antara Agama Islam dan Agama Kristen memperebutkan kota Yerusalem. Perang ini dimenangkan oleh kerajaan Islam dengan jatuhnya kota Konstantinopel ketangan  Turki Usmani. Dengan Kemenangan ini, Turki Utsmani memutus perdagangan antara Pedagang Timur Tengah dengan Bangsa Barat. Hal ini tentu saja membuat bangsa Barat jadi kekurangan rempah-rempah untuk menghadapi musim dingin di Eropa. Pemerintah-pemerintah Eropa pun mulai melakukan Pelayaran untuk bisa menjalin kerjasama kembali dengan Pedagang di Timur Tengah. Pelayaran ini dibuka oleh Paus dengan Perjanjian Tordesillas.

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 5

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 5 – Perjuangan pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang

Kode: 5.10.5

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Kapan bangsa barat mulai melakukan penjelajahan samudra Semoga Membantu.

Baca Juga  Unsur terkecil dari seni rupa adalah