Tujuan kedatangan bangsa spanyol di indonesia

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tujuan kedatangan bangsa spanyol di indonesia

Tujuan utama bangsa Spanyol datang ke Indonesia adalah untuk mencari sumber rempah-rempah, yang saat itu sangat berharga dan hanya ditemukan di kepulauan Maluku.

Pembahasan:

Sebagaimana negara Eropa lain, Spanyol tertarik mencari berlayar ke Kepulauan Maluku, untuk mencari rempah-rempah. Hal ini didorong oleh tertutupnya jalur perdagangan rempah-rempah sebelumnya menuju Eropa, setelah jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Usmani.

Rempah-rempah saat itu sangat berharga karena sulit didapat banyak digunakan dalam berbagai hal, seperti sebagai bumbu makanan, upacara keagamaan, dan pengobatan.

Berdasarkan Perjanjian Tordesillas (tahun 1494), Spanyol dan Portugal menyepakati membagi dunia menjadi dua wilayah penjelajahan dan penjajahan, dengan batas garis tengah di Samudra Atlantik, di mana wilayah barat garis dikuasai Spanyol, dan wilayah timur menjadi hak Portugal.

Melihat kesuksesan Portugal dalam mencapai Maluku melalui jalur laut pada tahun 1512, Spanyol ingin juga melakukan ekspedisi dan mencoba menguasai perdagangan rempah-rempah.

Karena berdasarkan perjanjian Tordesillas, jalur ke Maluku ke arah timur melewati pantai Afrika dan India dikuasai Portugal, Spanyol menugaskan Ferdinand Magellan dan Juan Sebastian Elcano untuk mencari jalur alternatif ke Maluku lewat jalur barat, melalui benua Amerika, yang berangkat dari Spanyol tahun 1519.

Ekspedisi ini berlayar di Samudera Atlantik menuju ke ujung selatan benua Amerika, dan akhirnya memasuki Samudera Pasifik pada 28 November 1520.

Kemudian dari sini Magellan sampai di Filipina pada 16 Maret 1521.  Setelah Magellan tewas dalam pertempuran di Mactan, Filipina, ekspedisi ini diambil alih Juan Sebastian Elcano.

Ekspedisi yang dipimpin Elcano ini berhasil mencapai Maluku pada tahun 1521. Namun dalam perjalanan, hanya 2 dari kapal Spanyol yang berhasil mencapai Maluku, dan hanya 1 dari 5 kapal Spanyol yang berhasil kembali ke Spanyol pada tahun 1522. Karena itu, Elcano tidak mencoba menaklukkan atau menguasai Maluku pada perjalanan pertama Spanyol ke Maluku ini.  

Baca Juga  Pemain yang bertugas menutup daerah kosong disekitar bendungan dinamakan

————————————————————————-

Detail jawaban:

Kode: 11.3.1

Kelas: XI

Mata pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 1 – Bangsa Eropa di Indonesia

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tujuan kedatangan bangsa spanyol di indonesia Semoga Membantu.