Perdagangan bebas adalah salah satu globalisasi dalam bidang

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Perdagangan bebas adalah salah satu globalisasi dalam bidang

Perdagangan bebas adalah salah satu globalisasi dalam bidang Ekonomi. Penjelasan lebih lanjut akan kakak jabarkan di bawah ini ya adik-adik… Stay tuned!

Halo Squad!!! Balik lagi di Brainly. Sekarang kakak akan kembali menjawab pertanyaan dari adik-adik. Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang “Globalisasi”. Okay, without further ado. Let’s get started!!

Pembahasan

Globalisasi adalah suatu situasi dimana orang-orang di dunia (manusia dengan manusia, kelompok dengan kelompok, negara dengan negara) saling memiiliki sebuah keterkaitan satu sama lain, mengesampingkan masalah ekonomi, budaya dan geografis melalu proses social yang alamiah. Proses social yang alamiah disini dimaksudkan hubungan yang terjadi oleh hasil perdagangan yang meluas dan menimbulkan pertukaran budaya pada saat berlangsungnya proses tersebut. Ciri-ciri terjadinya globalisasi seperti terdapat pelebaran ekonomi melalui hubungan perdagangan yang semakin meluas, social, ekonomi, pertukaran budaya pada pelosok wilayah negara dan benua.

Globalisasi adalah sebuah fenomena yang mulitidimensi. Salah satu dari globalisasi adalah dimensi ekonomi. Globalisasi dalam bidang ekonomi menyebabkan terjdinya perubahan dalam proses dan struktur perekonomian dunia dengan mengikuti kemajuan yang terjadi dalam bidang terknologi. Perkembangan globalisasi dalam bidang ekonomi menimbulkan adanya hubungan saling ketergantungan serta peningkatan persaingan antar negara, yaitu dalam konteks investasi, perdagangan, dan kegiatan ekonomi lainnya.

Salah satu bentuk globalisasi dalam bidang ekonomi adalah adanya perdagangan bebas. Perdagangan bebas dicirikan dengan terjadinya penipisan bahkan hilangnya batas-batas kegiatan atau aktiivtas ekonomi antarNegara atapun antarwilayah. Salah satu contoh nyata perdagangan bebas adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dampak positif dari perdagangan bebas sebagai bentuk globalisasi dalam bidang ekonomi adalah dapat mendorong pengusahsa agar lebih maju karena terbukanya kesempatan untuk bersaing di tingkat internasional.

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan al mumit jelaskan

Pelajari Lebih Lanjut

Okay Squad! Demikianlah jawaban dari kakak, Semoga bisa membantu, bermanfaat, and hope you guys like it!! Semangat belajarnya ya adik-adik. Nah untuk menambah dan memperluas pengetahuan adik-adik tentang materi lainnya, kalian bisa buka link di bawah ini :  

Good Luck Squad!! Jangan lupa jadikan jawaban terbaik!!!

Detail Jawaban

Kelas : 9

Pelajaran : IPS  

Kategori : Bab 5 – Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kode : 9.10.15

Kata Kunci : perdagangan bebas, globalisasi bidang ekonomi.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Perdagangan bebas adalah salah satu globalisasi dalam bidang Semoga Membantu.