Sebutkan kerjasama asean dalam bidang politik

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan kerjasama asean dalam bidang politik

Sebutkan 5 contoh kerja sama ASEAN di bidang politik dan keamanan yaitu

  1. Pengiriman duta dan konsulat ke negara lain yang merupakan negara ASEAN. Mading – masing negara ASEAN saling mengirimkan duta dan konsulat sebagai perwakilan dari negara asal nya.
  2. Kerjasama kawasan yang damai, bebas, dan netral. Suatu kerjasama yang dilakukan dalam melakukan kerjasama dengan negara lain secara bebas dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  3. Perjanjian ekstradisi antar negara, dimana suatu tersangka atau pelaku kejahatan yang melarikan diri dari negaranya ke negara lain. Negara tersebut akan ikut serta dalam penangkapan tersangka tersebut dan akan mengembalikan ke negara asalnya untuk diproses seseuai hukum yang berlaku.
  4. Perjanjian kawasan bebas nuklir, yaitu kerjasama politik yang melarang dengan adanya nuklir di kawasan negara ASEAN.
  5. Defense minister meeting atau ASEAN defense ministers meeting (ADMM) merupakan suatu kegiatan pertemuan yang rutin antara negara ASEAN. Pertemuan ini membahas mengenai isu dan ancaman yang memungkinkan terjadi pada kawasan ASEAN.
  6. Negara ASEAN saling bekerja sama dan melakukan pemberantasan terorisme secara menyeluruh jika suatu negara terjadi sebuah insiden yang berkaitan dengan terorisme.
  7. Selain itu, saling melindungi manusia yang terlibat dan menjadi korban perdagangan manusia yang dilakukan oleh beberapa oknum.
  8. Negara ASEAN juga melakukan pelatihan militer bersama yang dilakukan oleh para tentara negara.

Pembahasan

Indonesia merupakan salah satu anggota dari negara ASEAN, yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. ASEAN singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau disebut juga perhimpunan bangsa – bangsa asia tenggara saling bekerja sama agar terciptanya suatu negara yang damai dan bangsa yang saling menghargai. ASEAN terbentuk melalui hasil dari Deklarasi Bangkok yang saat itu dihadiri oleh 5 negara Asia Tenggara salah satunya adalah Indonesia.

Baca Juga  Tentukan panjang dari unsur kerucut yang ditanyakan

Pelajari lebih lanjut

  1. Sebutkan negara anggota ASEAN brainly.co.id/tugas/3869314
  2. Apakah tujuan ASEAN ? brainly.co.id/tugas/1923689
  3. Jelaskan sejarah terbentuknya ASEAN brainly.co.id/tugas/135121

Detil jawaban

Kelas : IX SMP

Mapel : IPS

Bab : Asia Tenggara

Kode : 9.10.9

Kata kunci : ASEAN, kerja sama ASEAN, bidang politik dan keamanan.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan kerjasama asean dalam bidang politik Semoga Membantu.