Urutan peredaran darah kecil ditunjukkan oleh nomor

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Urutan peredaran darah kecil ditunjukkan oleh nomor

Pada soal di atas ditanyakan urutan peredaran darah kecil berdasarkan urutan nomor pada gambar. Hal tersebut akan dijelaskan di bagian pembahasan.

Pembahasan

Jawaban soal di atas adalah 35671, yang mana 3 adalah bilik kanan (ventrikel kanan), 5 adalah arteri pulmonalis, 6 adalah paruparu, 7 adalah vena pulmonalis, dan 1 adalah serambi kiri (atrium kiri).

Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar ini disebut juga sebagai peredaran darah sistemik. Sistem peredaran darah ini dimulai ketika darah yang mengandung O2 dipompa oleh bilik kiri menuju seluruh tubuh melalui aorta dan darah dari tubuh yang sudah tidak mengandung oksigen (mengandung CO2) akan dikembalikan ke serambi kanan oleh vena cava superior (tubuh bagian atas) dan vena cava inferior (tubuh bagian bawah). Sederhananya, perjalanan darah dari peredaran darah besar ini adalah dari jantung – seluruh tubuh –  jantung.

Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil dimulai saat darah yang mengandung CO2 di bilik kanan dipompa dan dialirkan oleh pembuluh arteri pulmonalis menuju paru-paru. Di paru-paru, terjadi difusi gas yang pada akhirnya mengubah kandungan CO2 di dalam darah sehingga menjadi O2 saat keluar dari paru-paru. Darah ini selanjutnya dialirkan oleh vena pulmonalis menuju serambi kiri.

Sederhananya, perjalanan peredaran darah kecil ini adalah: jantung – paru-paru – jantung.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas: 8

Mapel: Biologi

Bab: Bab 5 – Sistem Sirkulasi pada Manusia

Kode: 8.4.5

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Urutan peredaran darah kecil ditunjukkan oleh nomor Semoga Membantu.

Baca Juga  Kelebihan energi matahari adalah sebagai berikut kecuali