Apa faktor pendukung berdirinya dinasti ayyubiyah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Apa faktor pendukung berdirinya dinasti ayyubiyah

Faktor pendukung berdirinya Dinasti Ayyubiyah adalah:

  1. Lemahnya Dinasti Fatimiyah akibat perseteruan internal dan serangan Pasukan Salib
  2. Keberhasilan Salahuddin Al-Ayyubi mengalahkan Pasukan Salib

Pembahasan:

Dinasti Ayubiyyah adalah kesultanan yang berpusat di Mesir, yang didirikan pada tahun 1171 M. Dinasti menggantikan Dinasti Fatimiyyah sebagai penguasa Mesir dan pada masa kejayaannya merupakan negara yang paling kuat di Timur Tengah, dan berhasil mengalahkan Pasukan Salib.

Pendiri kesultanan Dinasti Ayubiyyah adalah Salahudin Al Ayyubi, atau Salahuddīn Yūsuf bin Ayyūb (lahir di Tikrit tahun 1138 – meninggal di Damaskus tahun 1193).

Salahudin Al Ayyubi awalnya dikirim ke Dinasti Fatimiyyah di Mesir pada tahun 1164 bersama pamannya Syirkuh, oleh penguasa Suriah, Nuruddin Zanki, untuk membantu melawan serangan Pasukan Salib ke negara itu.

Pada masa ini, Dinasti Fatimiyyah di Mesir sangat lemah akibat serangan-serangan Pasukan Salib yang berbasis di Kerajaan Yerusalem, setra konflik internal antara para petingginya.

Salahudin Al Ayyubi kemudian merebut kekuasaan dari Dinasti Fatimiyah setelah kematian Khalifah Al-Adid pada tahun 1171 dan mendirikan Dinasti Ayyubiyah.

Pada tahun-tahun berikutnya, ia memimpin perjuangan melawan Tentara Salib di Palestina, dengan kemenangan pada pertempuran Hattin yang terjadi pada 4 Juli 1187, ketika pasukan Salahuddin Al-Ayubi berhasil mengalahkan Pasukan Salib, dan menawan Raja Guy de Lusignan. Kemenangan ini dilanjutkan dengan penaklukkan kota Yerusalem pada 2 Oktober 1187.

Kemenangan atas Pasukan Salib ini meluaskan kekuasaan Dinasti Ayubiyyah, dari Mesir hingga mencakup Hijaz, Palestina, dan Suriah.

—————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 10.3.5

Kelas: X

Mata pelajaran: IPS/Sejarah    

Materi: Bab 5 – Zaman Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Baca Juga  Contoh penggunaan rangkaian seri di kehidupan sehari hari adalah

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa faktor pendukung berdirinya dinasti ayyubiyah Semoga Membantu.