Makna penting yang terkandung dalam kegiatan bela negara adalah

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Makna penting yang terkandung dalam kegiatan bela negara adalah

Jawaban:Pendidikan kewarganegaraan. Dalam pendidikan ini ditanamkan kepada para pelajar untuk cinta tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara, sehingga mereka akan rela berkorban untuk bangsa dan negaranya.

Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib. Ini banyak dilakukan oleh beberapa negara kepada warga negaranya yang menyelesaikan studi agar siap dalam kondisi darurat. Di Indonesia hal ini belum atau tidak dilaksanakan.

Pengabdian sebagai prajurit dalam Tentara Nasional Indonesia maupun sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia. Dengan wewenang dan tugasnya masing-masing, secara sukarela menjadi anggota TNI dan Polri adalah bentuk keikutsertaan dalam bela negara.

Pengabdian sesuai profesi. Di Indonesia hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002.

Bela negara erat kaitannya dengan pertahanan negara, yang di Indonesia dikenal dengan sebutan pertahanan rakyat semesta. Pertahanan rakyat semesta ini, yaitu pertahanan negara dengan TNI dan Polri sebagai ujung tombak yang berada di garis depan pertahanan negara dan rakyat ikut mendukungnya. Dalam keadaan damai, di mana tidak ada perang atau konflik senjata degan negara mana pun atau di dalam negeri sendiri, dukungan rakyat dapat dilakukan dalam bentuk mengisi kemerdekaan. Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi yang terjadi di era globalisasi ini, mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif sebagai bukti keikutsertaan warga negara dalam bela negara. Diharapkan dengan hal tersebut maka globalisasi tidak akan mempengaruhi kedaulatan ideologi kita. Adanya pasar bebas Asia dan dunia tidak akan mengurangi kedaulatan kita dalam ekonomi. Dan sebagainya.

Beberapa contoh bela negara yang dapat dilakukan secara nyata, yaitu :

Baca Juga  Nabi ayub menderita penyakit kulit selama

Membangun dan menciptakan suasana rukun dan penuh toleransi di lingkungan keluarga dan masyarakat tempat tinggal.

Membentuk keluarga yang sadar hukum, di antaranya tidak memberikan ijin mengendarai motor pada anak dengan usia di bawah 17 tahun.

Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimliki dengan terus belajar giat bagi pelajar dan generasi muda. Ini dilakukan agar Bangsa Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain dan dikuasai bangsa lain.

Kesadaran untuk mematuhi segala bentuk peraturan yang ada di mana pun dia berada.

Membayar pajak dan iuran yang telah disepakati di lingkungan dengan tepat waktu.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dipahami bahwa bela negara dapat bermakna fisik / militer dan non fisik / non militer. Dan agar lebih mengenal lebih jauh tentang bela negara dan berbagai maknanya, artikel ini akan menguraikan di bawah ini:

1. Makna dari Bela Negara Bagi Warga Negara

Bela negara merupakan sikap dan tindakan warga negara yang teratur dan menyeluruh, dan terpadu secara sendiri-sendiri maupun berkelompok sebagai bagian dari rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan terhadap pancasila di era reformasi dan globalisasi, dan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara. Dengan demikian, bela negara yang dimaksud di sini, tidak selalu dalam bentuk fisik dalam suatu perang mempertahankan kedaulatan Indonesia. Tetapi dapat berwujud segala sesuatu yang dilakukan oleh warga negara untuk memajukan bangsanya, membantu warga negara lain yang termasuk bangsanya, dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan nasional sesuai profesi dan kemampuannya. Hakikat pembelaan negara dalam makna ini dapat berupa karya nyata ikut membangun negeri sesuai profesi masing-masing (arsitek, dokter, nelayan, petani, guru, dan lain-lain), ikut menciptakan suasana damai dan tenteram di lingkungannya masing-masing, dan taat dalam membayar pajak.

Baca Juga  Karapan sapi adalah kesenian yang terkenal di

MAAF KALAU SALAH

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Makna penting yang terkandung dalam kegiatan bela negara adalah Semoga Membantu.