Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Jelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Pancasila di tetapkan sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 sehari setelah Indonesia merdeka. Nilai-nilai yang terkandung mempinyai nilai estetika, mengandung unsur yang jelas tentang tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia, dan juga pancasila merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Kedudukan Pancasila adalah sebagai dasar negara Indonesia

Dasar negara merupakan tonggak berdirinya sebuah negara, ibarat bangunan tanpa tiang, bangunan tersebut akan roboh, begitu juga sebuah negara. Dengan adanya dasar negara berarti segala yang ada dalam negara tersebut harus taat kepada dasar negaara tersebut, yaiu Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia di jadikan dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintah.

Apa makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa?

Maknanya adalah pandangan hidup merupakan suatu hal yang dijadikan sebagai pedoman hidup bernegara, pandangan hidup tersebut berisi aturan aturan yang di buat untuk menacapai sebuah tujuan. Pancasila sebagai pandangan hidup berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin. Pancasila sebagai pandangan hidup berfungsi sebagai tujuan yang ingin di capai bangsa tersebut serta Pancasila sebagai pemecah masalah dalam menghadapi persoalan yang dihadapi.

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas: 8 SMP

Mapel: Ppkn

Kategori: –

Kata kunci : Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Semoga Membantu.

Baca Juga  Pupuk yang berasal dari tumbuhan disebut