Identifikasi tiga pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Identifikasi tiga pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan

3 PENDAPAT MENURUT PARAH AHLI MENGENAI MAKNA NEGARA KESATUAN:

  1. Menurut C. F Strong Negara kesatuan adalah negara bersusunan tunggal, yakni kekuasaan untuk mengatur seluruh daerahnya ada di tangan pemerintah pusat. Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik ke dalam maupun ke luar. Hubungan antara pemerintah pusat dengan rakyat dan daerahnya dapat dijalankan secara langsung. Dalam negara kesatuan hanya ada satu konstitusi, satu kepala negara, satu dewan menteri (kabinet), dan satu parlemen. Demikian pula dengan pemerintahan, yaitu pemerintah pusatlah yang memegang wewenang tertinggi dalam segala aspek pemerintahan.
  2. Menurut Moh Kusnadi dan Hamaily Ibrahim, Negara Indonesia atau makna Negara kesatuan adalah Negara yang memiliki susunan yang mana hanya terdiri dari atas satu Negara saja dan dalam Negara tersebut tidak ada Negara lain.
  3. Menurut pakar Abu Daud Busroh, makna Negara Kesatuan adalah suatu Negara yang tidak tersusun dari beberapa Negara melainkan Negara bersifat tunggal dan tidak terdapat Negara lainnya dalam suatu Negara lain.

==================

PENJELASAN:

A.Negara kesatuan

Adalah negara yang bisa di sebut sebagai negara unytaris dan unity yang berarti negara yang meiliki sistem pemerintahan tunggal yang dimana sistem perintahannya hanya ada 1 yakni 1 presidennya dll dan hal ini berlaku bagi negara kita yakni negara indonesia.

Banyak sekali argumen atau pendapat yang di timbulkan akan apa arti negara kesatuan akan tetapi yg terkenal hanya 3 yakni pendapat:

  • Menurut pakar Abu Daud Busroh
  • Menurut Moh Kusnadi dan Hamaily Ibrahim
  • Menurut C. F Strong
Baca Juga  Banyaknya rusuk pada prisma segi delapan adalah

kemudian dari ke-3 ppendapat diatas dapat kita simpulkan bahwa negara kesatuan itu merupakan negara yg berpemerintahan tunggal dan juga negaranya tunggal dalam artian tdk memiliki duanya dll.

Ok saya rasa cukup sekian dan terimakasih!!!

===================

PELAJARI LEBIH LANJUT:

===================

DETAIL JAWABAN:

Mapel:
PPKN

Kelas:
5

Materi:
Bab 1 – Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kode soal:
9

Kode Kategorisasi : 5.9.1

#TingkatkanPrestasimu

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Identifikasi tiga pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan Semoga Membantu.