Tujuan awal kedatangan sekutu ke indonesia adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tujuan awal kedatangan sekutu ke indonesia adalah

Jawaban:

Tujuan utama kedatangan pasukan sekutu ke indonesia adalah:

c. Mengambil alih kekuasaan wilayah Indonesia dari Jepang

Pembahasan:

Seiring dengan kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia II atas Jepang, pasukan Sekutu datang dan mendarat di Indonesia yang sebelumnya diduduki oleh pasukan Jepang. Pasukan Sekutu ini disebut dengan AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Pasukan Sekutu ini awalnya bertujuan untuk mengambil alih kekuasaan wilayah Indonesia dari Jepang, setelah Jepang menyerah tanpa syarat pada 15 Agustus 1945. Pasukan ini kemudian ditugaskan melucuti pasukan Jepang di Indonesia dan mengembalikan pasukan Jepang ke negaranya.  

Namun kemudian pasukan Sekutu membebaskan dan mempersenjatai para tahanan Belanda, dan membantu Netherlands Indies Civil Administration (NICA) untuk membentuk kembali pemerintahan Hindia Belanda dan menjadikan kembali Indonesia sebagai wilayah jajahan Belanda.

Pasukan Sekutu juga berupaya melucuti dan membubarkan pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Hal ini menyebabkan konflik dan berbagai pertempuran antara pasukan Sekutu dan terntara Indonesia di berbagai daerah.

Contoh konflik antara Pasukan Sekutu dan pejuang Indonesia ini adalah pertempuran Ambarawa (20 Oktober 1945 – 15 Desember 1945) dan pertempuran Surabaya (10 November 1945).

Kode: 9.10.3  

Kelas: IX

Mata pelajaran: IPS / Sejarah

Materi: Bab 3 – Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (1945-1949)  

Kata kunci: Konflik Indonesia dan Sekutu, AFNEI

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tujuan awal kedatangan sekutu ke indonesia adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Faktor pendorong perdagangan antar pulau