Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan

1. Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan keseragaman agar tercapai kedamaian (A)

2. Tari-tarian daerah pada saat ini beralih fungsi untuk acara penyambutan tamu (C)

Pembahasan

Hai generasi milenial yang makin kece karena makin melek literasi! Kali ini kita akan membahas tentang pluralitas. Check this out, gaes!

Pluralitas adalah kemajemukan, keberagaman, dan juga perbedaan. Pluralitas masyarakat Indonesia dapat diartikan sebagai kemajemukan atau keberagaman yang dimiliki masyarakat Indonesia. Keragaman yang dimiliki Indonesia antara lain keragaman agama, keragaman suku bangsa, keragaman budaya, dan keragaman pekerjaan.  

1. Pluralitas budaya sebaikanya disikapi dengan keseragaman agar tercapai kedamaian (A).

Menurut E.B.Taylor, budaya adalah satu kesatuan yang kompleks yang mencakup kepercayaan, kesusilaan, kesenian, hukum, adat dan kebiasaan yang dipelajari oleh manusia sebagai unsur masyarakat. Mari kita lihat pilihan jawaban B sampai E merupakan kebudayan, yakni tarian adat daerah, lagu daerah, lagu bahasa daerah, dan juga seni beladiri. Sehingga pilihan yang tepat adalah (A) yakni keseragaman agar tercipta kedamaian. Pluralitas budaya bangsa yang ada sebaikanya disikapi dengan keseragaman artinya kita harus memandang pluralitas sebagai satu kesatuan, keseragaman, kesamaan, sehingga dapat tercipta kedamaian bersama. Apabila pluralitas disikapi dengan menonjolkan budaya masing-masing maka tidak akan dapat tercipta persatuan dan perdamaian.

2. Tari-tarian daerah pada saat ini beralih fungsi untuk acara penyambutan tamu (C).

Pada zaman tari-tarian daerah berfungsi hampir di setiap aspek kehidupan, meliputi acara keagamaan, pelarungan sesaji, syukuran, bahkan yang melambangkan perang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, terjadi perubahan sosial dan budaya, salah satunya perubahan fungsi tarian daerah. Pada saat ini salah satu fungsi tari-tarian daerah adalah untuk acara penyambutan tamu.  

Baca Juga  Teks prosedur membuat nasi goreng

Pelajari Lebih Lanjut  

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang disarankan untuk mempelajari juga materi berikut ini:

Detil Jawaban

Kelas  : VIII

Mapel : IPS Geografi

Bab      : Mobilitas Sosial

Kode  : 8.8.2004

Kata Kunci :Pluralitas, budaya, tarian daerah.

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan Semoga Membantu.