Mengapa budaya indonesia sangat beranekaragam

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa budaya indonesia sangat beranekaragam

Kelas: VII
Mata pelajaran: IPS
Materi: Keanekaragaman Budaya
Kata kunci: keanekaragaman budaya

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Budaya Indonesia sangat beranekaragam karena “Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama, serta lokasi Indonesia yang strategis membuat banyaknya budaya asing yang masuk dan mempengaruhi budaya Indonesia.”

Jawaban panjang:

Indonesia adalah negara yang majemuk atau beraneka ragam suku, bangsa dan agamanya.

Keanekaragaman suku, bangsa dan agama ini berpengaruh akan banyaknya variasi budaya.

Setiap suku di Indonesia memiliki adat budaya tersendiri. Misalnya suku Minang memiliki adat rumah Gadang, suku Toraja memiliki rumah adat Tongkonan dan suku Jawa memiliki rumah adat Joglo.

Keberagaman budaya yang disebabkan banyaknya suku bangsa juga bisa di lihat di baju adat, bahasa, masakan tradisional dan bentuk kesenian yang berbeda tiap suku.

Selain suku bangsa, perbedaan agama juga mempengaruhi perbedaan budaya. Misalnya perbedaan antara ritual dan baju yang dipakai oleh suku bangsa jawa yang beragama Kristen dan Hindu dengan suku Jawa yang beragama Islam. Meski suku bangsa sama, perbedaan agama membuat adanya perbedaan budaya yang kentara.

Selain karena keaneka ragaman suku bangsa dan agama, keaneka ragaman budaya juga bisa diakibatkan karena masuknya budaya asing. Misalnya budaya China dan India yang dibawa pedagang kedua negara ini sejak masa kerajaan Hindu-Buddha, karena lokasi strategis Indonesia di jalur perdagangan dunia

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa budaya indonesia sangat beranekaragam Semoga Membantu.

Baca Juga  Surat al falaq diturunkan sesudah surat