Als ik een nederlander was

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Als ik een nederlander was

“Als Ik eens Nederlander Was” adalah artikel yang ditulis Suwardi Suryaningrat sebagai protes terhadap rencana … peringatan 100 tahun kemerdekaan Belanda dari Perancis

Pembahasan:

Soewardi Soerjaningrat (yang kemudian dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara) adalah salah satu tokoh Indische Partij (IP) atau Partai Hindia bersama dengan Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ernest François Eugène (E.F.E.) Douwes Dekker (yang kemudian dikenal dengan nama Danudirja Setiabudi). Ketiganya disebut dengan Tiga Serangkai

Sebagai jurnalis dan penulis ulung, Ki Hajar Dewantara menulis esai berjudul “Als ik een Nederlander was…” (Seandainya saya seorang Belanda….). Esai tersebut adalah bentuk kritik yang sangat tajam terhadap rencana pemerintah kolonial untuk menyelenggarakan 100 tahun kemerdekaan Belanda. Akibat esainya tersebut maka Ki Hajar Dewantara kemudian dibuang ke Negeri Belanda selama enam tahun (1913-1919).

Ki Hajar Dewantara bergerak juga dalam bidang pendidikan, dengan mendirikan Taman Siswa, sekolah yang mengajarkan kebangsaan Indonesia. Ki Hajar Dewantoro mendirikan Taman Siswa di Yogyakarta. Taman Siswa dibentuk pada tanggal 3 Juli 1922.

Setelah Indonesia merdeka Ki Hajar Dewantara diangkat oleh Presiden Soekarno dalam Kabinet Presidensial (kabinet pertama Republik Indonesia), menjadi Menteri Pengajaran Indonesia yang pertama (saat itu merupakan sebutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)    

Pelajari lebih lanjut:

Tokoh Indische Partij yang pernah menjadi menteri pendidikan, pengajaran dan kebudayaan adalah …

Detail Jawaban        

Kode: 11.3.3

Kelas: XI  

Mata pelajaran: Sejarah  

Materi: Bab 3 – Perjuangan Nasional di Indonesia

Kata kunci: Soewardi Soerjaningrat

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Als ik een nederlander was Semoga Membantu.