Nama asli ki hajar dewantara

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Nama asli ki hajar dewantara

Nama asli Ki Hajar Dewantara adalah …. Soewardi Soerjaningrat

Pembahasan:

Ki Hajar Dewantara  (1889-1959) adalah tokoh perjuangan yang berperan dalam pergerakan kemerdekaan dalam Indische Partij (IP), mengkritik pemerintahan Belanda pendirian, serta berperan dalam pendidikan dengan mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa

Ki Hajar Dewantara  memiliki nama asli Soewardi Soerjaningrat, namun mengganti namanya menjadi nama yang lebih merakyat dan tidak lagi menggunakan menggunakan gelar kebangsawanan.

Ki Hajar Dewantara  merupakan salah satu tokoh Indische Partij (IP) atau Partai Hindia bersama dengan Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ernest François Eugène (E.F.E.) Douwes Dekker (yang kemudian dikenal dengan nama Danudirja Setiabudi). Ketiganya disebut dengan Tiga Serangkai.

Sebagai jurnalis dan penulis ulung, Ki Hajar Dewantara menulis esai berjudul “Als ik een Nederlander was…” (Seandainya saya seorang Belanda….). Esai tersebut adalah bentuk kritik yang sangat tajam terhadap rencana pemerintah kolonial untuk menyelenggarakan 100 tahun kemerdekaan Belanda. Akibat esainya tersebut maka Ki Hajar Dewantara kemudian dibuang ke Negeri Belanda selama enam tahun (1913-1919).

Ki Hajar Dewantara bergerak juga dalam bidang pendidikan, dengan mendirikan Taman Siswa, sekolah yang mengajarkan kebangsaan Indonesia. Ki Hajar Dewantoro mendirikan Taman Siswa di Yogyakarta. Taman Siswa dibentuk pada tanggal 3 Juli 1922.

Setelah Indonesia merdeka Ki Hajar Dewantara diangkat oleh Presiden Soekarno dalam Kabinet Presidensial (kabinet pertama Republik Indonesia), menjadi Menteri Pengajaran Indonesia yang pertama (saat itu merupakan sebutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)    

———————————————————————————————

Detail Jawaban:  

Kode:  11.3.3      

Kelas: XI      

Baca Juga  Naskah reportase tentang gerak revolusi bumi dan dampaknya

Mata Pelajaran: Sejarah          

Materi: Bab 3 – Perjuangan Nasional di Indonesia

Kata kunci: Ki Hajar Dewantara, Soewardi Soerjaningrat, Perjuangan Nasional

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Nama asli ki hajar dewantara Semoga Membantu.