Bagian sisi belakang sendok merupakan salah satu contoh dari cermin

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagian sisi belakang sendok merupakan salah satu contoh dari cermin

Bagian dalam sendok makan merupakan contoh cermin … cekung

Pembahasan:

Ketika cahaya mengenai suatu permukaan akan terjadi pemantulan cahaya atau refleksi. Cermin adalah salah satu alat optik yang menggunakan sifat pemantulan cahaya ini.

Cermin dapat berupa cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Cermin cekung dan cermin cembung adalah cermin dengan permukaan melengkung, sedangkan cermin datar permukaannya tidak melengkung

1. Cermin Datar

Cermin datar adalah cermin yang permukaannya datar, rata dan tidak melengkung. Cahaya yang mengenai cermin datar akan dipantulkan tegak lurus.

Contoh cermin datar adalah cermin yang digunakan untuk bercermin saat merias wajah.

Contoh lain cermin datar adalah periskop, yang bekerja dengan menggunakan dua cermin datar pada sudut 45 derajat untuk mengarahkan cahaya ke arah yang diinginkan pengamat

2. Cermin Cekung

Cermin cekung bersifat melengkung dengan titik fokus yang berada di hadapan cermin. Cermin cekung bersifat mengumpulkan cahaya (konvergen).

Karena mengumpulkan cahaya, maka cermin cekung juga mengumpulkan energi panas yang dibawa oleh cahaya dalam radiasi.

Contoh cermin cekung adalah bagian dalam sendok. Contoh lain adalah cermin untuk kompor tenaga matahari, yang mengumpulkan cahaya dan panas untuk memanaskan air.

3. Cermin cembung

Cermin cembung bersifat melengkung dengan titik fokus yang berada di belakang cermin. Cermin cembung bersifat menghamburkan cahaya (divergen), sehingga cermin cempung dapat menghasilkan pandangan yang luas. Cermin cembung yang menghasilkan bayangan yang bersifat tegak, maya dan diperkecil

Contoh cermin cembung adalah bagian luar dari sendok. Contoh lain adalah cermin yang digunakan pada kaca spion. Jenis cermin cembung digunakan agar spion menghasilkan pandangan yang lebih luas agar pengendara bisa mengetahui dan memantau kondisi jalanan di belakangnya.

Baca Juga  Tuliskan 5 contoh interaksi manusia dengan lingkungan

———————————————————————————————

Detail Jawaban    

Kode: 5.4.8

Kelas: V

Mata Pelajaran: Fisika    

Materi: Cahaya

Kata Kunci: Cermin Cembung, Cermin Cekung, Cermin Datar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Bagian sisi belakang sendok merupakan salah satu contoh dari cermin Semoga Membantu.