Ciri khas negara kesatuan adalah

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Ciri khas negara kesatuan adalah

Ciri khas negara kesatuan adalah pemerintah pusat yang berkedaulatan, konstitusi seluruh wilayah, seorang kepala negara, kekuasaan di pemerintah pusat, terdapat satu Undang-Undang yang mengatur

Pembahasan

Bentuk negara kesatuan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Terdapat pemerintah pusat yang memiliki kedaulatan baik ke dalam maupun ke luar atau adanya satu pemerintahan pusat yang memegang seluruh kekuasaan pemerintah

2. Terdapat satu konstitusi yang berlaku untuk seluruh wilayah negara

3. Adanya seorang kepala negara atau kepada pemerintahan untuk seluruh rakyat

4. Kekuasaan pemerintah bisa diselenggarakan dan dikendalikan oleh pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya melaksanakan semua ketentuan dan kebiajkan dari pemerintah pusat, yang disebut sistem sentralisasi. Bisa saja pemerintah pusat menyerahkan sebagian kekuasaannya sebagai urusan pemerintah daerah yang disebut otonomi daerah.

5. Hanya terdapat 1 (satu) saja UUD (Undang-Undang Dasar) yang mengatur segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara seperti aspek ekonomi, sosial, politik, kebudayaan, pertahanan dan keamanan. Namun demikian, dalam pelaksanaan UUD tersebut tetap perlu disertai dengan UU (Undang-Undang) atau peraturan perundang-undangan lainnya.

Pengertian Negara Kesatuan

Negara kesatuan merupakan salah satu dari 3 (tiga) bentuk-bentuk negaraselain negara federasi dan negara konfederasi. Negara kesatuan merupakan sebuah negara dimana pemerintahannya terpusat sehingga pemerintahnya memiliki kekuasaaan penuh terhadap suatu negara. Dengan kata lain pemerintah memiliki kedudukan tertinggi di dalam pemerintahan yang mana pemerintah pusat memiliki wewenang untuk melimpahkan sebagian wewenang atau tugasnya kepada pemerintah daerah.  

Contoh Bentuk Negara Kesatuan Selain Indonesia

1. Timor Leste

Salah satu negara yang berbentuk negara kesatuan adalah negara Timor Leste. Bentuk negara Indonesia yang berupa negara kesatuan juga turut andil dalam mempengaruhi bentuk negara Timor Leste. Hal ini dikarenakan pada mulanya Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal dengan nama Timur Timur, kemudian provinsi tersebut melepaskan diri dari Indonesia dan membentuk pemerintahan sendiri. Negara yang beribukota di Dili ini memiliki sistem pemerintahan Repulik Semi-Presidensial yang mana dikepalai oleh seorang presiden dan seorang perdana menteri.

Baca Juga  Nama bahasa daerah suku batak

2. Jepang

Contoh lain negara yang berbentuk kesatuan adalah negara Nippon atau Jepang yang memiliki julukan negara matahari karena letaknya yang berada di ujung timur. Negara jepang dikepalai oleh seorang kaisar yang bertindak sebagai simbol negara dan pemersatu rakyat. Adapun kekuasaan pemerintahannya berada dibawah perdana menteri yang merupakan anggota terpilih dari parlemen. Oleh karena itu, Jepang dapat disebut juga sebagai negara yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional

3. Belanda

Contoh lainnya negara di benua eropa yang berbentuk negara kesatuan adalah Belanda dimana sistem pemerintahannya menganut sistem monarki konstitusional. Negara yang beribukota di Amsterdam ini pemerintahannya terpusat di bawah kepemimpinan perdana menteri. Disamping itu, Italia juga memiliki seorang raja dengan kekuasaan terbatas yakni hanya menjalankan fungsi secara simbolis. Negara yang mendapat kemerdekaan dari kekaisaran Spanyol ini memiliki sebuah konstitusi yang mengatur kehidupan warga negaranya yang dikenal dengan konstitusi Belanda.

4. Laos

Negara laos dipimpin oleh seorang kepala negara yaitu presiden dan dalam menjalankan pemerintahnnya dibantu oleh perdana menteri. Negara yang beribukota di Vientine ini menganut sistem satu partai sehingga hanya ada satu partai saja yang ada di Kamboja yaitu LPRP ( Partai Revolusioner Rakyat Laos ). Negara berbentuk republik ini membentuk konstitusinya pada tahun 1991 dan hanya memiliki sebuah badan legislatif yakni Sapha Heng Xat.  

Semoga jawaban ini dapat membantumu ya..  

Ayo kuasai materi pembelajaran lainnya melalui link di bawah ini!  

Pelajari lebih lanjut :

1. Indonesia sebagai negara serikat

2. Negara serikat adalah

3. Negara serikat dan kesatuan

4. Otonomi negara serikat dilaksanakan oleh

Detail jawaban  

Kelas: 8 SMP

Mapel: PPKn

Bab: 5

Kode: 8.9.5

Baca Juga  Teater berasal dari bahasa yunani yaitu

Kata Kunci: Negara, kesatuan, Indonesia

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Ciri khas negara kesatuan adalah Semoga Membantu.