Penyebab indonesia memiliki tanah yang subur secara geologis adalah karena

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Penyebab indonesia memiliki tanah yang subur secara geologis adalah karena

Penyebab indonesia memiliki tanah yang subur secara geologis adalah karena di Indonesia banyak terdapat gunung api yang aktif. Gunung api yang aktif itu sewaktu – waktu akan erupsi yang dapat menyebabkan keluarnya abu vulkanik dan berbagai macam bahan material lainnya. Hal ini lah yang menyebabkan tanah di indonesia subur.

Pembahasan

Berdasarkan letak astronomis wilayah Indonesia berada pada 6’o LU (Lintang Utara) – 11’o LS (Lintang Selatan) dan 95’o BT (Bujur Timur) – 141’o BT. Dampak yang diperoleh indonesia berdasarkan letak astronomis ini adalah :

  • Indonesia memiliki 3 iklim, yaitu iklim laut, iklim tropis, dan iklim muson
  • Indonesia memiliki 3 bagian waktu, yaitu WIT (Waktu Indonesia Timur), WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah).

Tidak, hanya itu berdasarkan letak geografis indonesia memiliki posisi yang sangat strategis. Indonesia memiliki posisi diapit oleh dua benua dan dua samudera. Berdasarkan letak geografis ini, indonesia juga memiliki beberapa dampak diantaranya :

  • Indonesia merupakan wilayah yang rawan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi.
  • Indonesia kaya akan sumber daya alam, baik itu berupa sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti keanekaragaman barang tambang.

Pelajari lebih lanjut

  1. Letak astronomis indonesia brainly.co.id/tugas/590915
  2. Letak geografis indonesia brainly.co.id/tugas/2797017
  3. Dampak letak geografis indonesia brainly.co.id/tugas/312688

Detail jawaban

Kelas : 8

Mapel : IPS

Bab : Keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat masyarakat indonesia

Kode : 8.10.1

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Penyebab indonesia memiliki tanah yang subur secara geologis adalah karena Semoga Membantu.