Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan disebut

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan disebut

Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut … ekosistem

Pembahasan:

Ekosistem tersusun dari komponen-komponen yang saling berkaitan satu sama lain dan saling membutuhkan. Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup, yang menyusun komponen biotik, dengan komponen abiotik penyusun lingkungannya.

Komponen abiotik adalah komponen tak hidup yang menyusun suatu ekosistem. Komponen abiotik meliputi tanah, udara, sinar matahari, dan air.  

Sebaliknya, komponen biotik terdiri dari komponen hidup suatu ekosistem, yang meliputi tanaman seperti rumput, jamur dan lumut, serta hewan seperti serangga, ikan, reptil dan burung.

Semua unsur saling berhubungan. Misalnya tanaman memgambil zat hara dari tanah, karbon dioksida dari udara dan sinar matahari untuk menghasilkan makanan melalui fotosintesis.

Hubungan antara komponen abiotik dan biotik sangat erat dan membentuk hubungan timbal balik. Hubungan timbal balik antara abiotik dan biotik contohnya antara lain adalah siklus air.

Air (H2O) dari lingkungan diserap tanaman dan diminum oleh hewan, digunakan tanaman untuk fotosintesis dan digunaakan oleh semua makhluk hidup metabolisme. Air menyusun sebagian besar dai volume tubuh makhluk hidup. Air akan dikeluarkan pada saat makhluk hidup melakukaan eksresi (pembuangan sisa metabolisme), misalnya ketika manusia mengeluarkan air saat berkeringat dan kencing.

Pelajari lebih lanjut:

1. Seluruh organisme dan lingkungan yang berinteraksi untuk memungkinkan berlangsungnya aliran energi dan siklus materi di sebut?

2. Contoh hubungan timbal balik antara abiotik dan biotik?  

Kode: 6.4.3

Kelas: VI

Mata Pelajaran: Biologi

Materi: Keseimbangan Ekosistem

Baca Juga  Apa yang menyebabkan mobil dapat bergerak

Kata Kunci: Ekosistem  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan disebut Semoga Membantu.