pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan negara bersifat terbuka artinya

pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan negara bersifat terbuka artinya

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan negara bersifat terbuka artinya….a. menerima pengaruh asing sebagai suatu keharusan b. menerima pengaruh dan budaya asing dengan selektif c. menerima masuknya ajaran dan pandangan ideologi yang lain d. menyaring budaya dan IPTEK dengan penuh kewaspadaan

jawaban

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan negara memiliki sifat terbuka yang bermakna bahwa MENERIMA PENGARUH DAN BUDAYA ASING DENGAN SELEKTIF (B).

» PEMBAHASAN

Berikut analisis masing-masing pilihan jawaban pada soal di atas:

  • A. Menerima pengaruh asing sebagai sebuah keharusan. JAWABAN SALAH, Pancasila bersifat terbuka artinya menerima ideologi lainnya namun hanya yang sesuai dengan nilai fundamentalnya. Artinya bahwa keterbukaan Pancasila adalah terbatas pada hal-hal yang sejalan dengan nilai dasar yang dikandung.
  • B. Menerima pengaruh & budaya asing secara selektif. JAWABAN BENAR, Pancasila bersifat terbuka artinya bahwa ideologi asing yang datang baik dalam bentuk pengaruh atau budaya akan diterima dengan baik jika sesuai dengan nilai fundamentalnya. Artinya bahwa keterbukaan Pancasila bersifat selektif sebab harus sejalan dengan nilai dasarnya.
  • C. Menerima masuknya ajaran & pandangan ideologi lain. JAWABAN SALAH, Pancasila terbuka artinya memang menerima ideologi lain namun tidak cukup didefinisikan hanya dengan kata menerima saja sebab Pancasila hanya terbuka pada budaya atau ideologi yang sejalan dan sesuai dengan nilai fundamentalnya.
  • D. Menyaring budaya & IPTEK dengan penuh kewaspadaan. JAWABAN SALAH, ini adalah fungsi Pancasila sebagai filter dan bukan fokus pada sifatnya sebagai ideologi terbuka yang menerima datangnya ideologi lain namun dengan syarat tertentu.
Baca Juga  Undang-Undang (UU) adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan persetujuan?