Resume tentang arti kedudukan dan fungsi pancasila

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Resume tentang arti kedudukan dan fungsi pancasila

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Hal ini berarti setiap bagian dari bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai panduan dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam bertindak, bersikap, berfikir, dan bertutur kata.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban terhadap beberapa pertanyaan terkait Pancasila. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Jawaban

  1. Pancasila memiliki kedudukan dan fungsi sebagai dasar negara Indonesia. Hal ini berarti Pancasila digunakan sebagai landasan oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menjalankan tugas pemerintahan.
  2. Jawaban pertanyaan
  • Arti Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah pertama-tama sebagai jati diri. Pancasila meresap dalam diri setiap bangsa Indonesia karena Pancasila lahir dari budaya dan sejarah bangsa Indonesia, sehingga setiap manusia Indonesia sejatinya mengandung seluruh nilai yang terdapat dalam Pancasila.
  • Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai pandangan hidup, yaitu seperangkat nilai yang dijadikan panduan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Para pendiri negara yang merumuskan Pancasila adalah Ir. Soekarno.
  • Fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara adalah Pancasila menyajikan seperangkat norma bagi para aparat pemerintah dalam menjalankan tugas pemerintahan, termasuk dalam menyatakan diri sebagai bangsa yang merdeka dan independen serta berkualitas dalam tatanan pergaulan global.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang Pancasila:

Detil jawaban

Kelas: SMP

Mata pelajaran: PPKn

Bab: –

Kode kategori: –

Kata kunci: fungsi Pancasila

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Resume tentang arti kedudukan dan fungsi pancasila Semoga Membantu.