organisasi dalam pementasan teater tradisional disebut

organisasi dalam pementasan teater tradisional disebut

jawaban

Struktur Pertunjukan Teater Tradisi

Teater tradisi di Nusantara sebagian besar terlahir dari tradisi religi yang pernah hidup pada masa lalu. Sistem religi asli, Hindu-Budha, dan Islam tidak jarang bercampur menjadi satu dalam pementasan seni. Oleh karena itu, struktur pementasan teater tradisi pada umumnya memiliki kesamaan di berbagai tempat di Nusantara ini.

Struktur umum pertunjukan teater tradisi tersebut adalah sebagaimana diuraikan berikut ini.

a.      Pertunjukan diawali dengan tetabuhan (tatalu) sebagai pemberi tanda bahwa pertunjukan akan segera dimulai. Panjang tetabuhan ini bergantung kepada telah berkumpulnya penonton di sekitar tempat pertunjukan.

b.      Pimpinan rombongan atau dalang kemudian melakukan upacara ritual memohon perlindungan ke empat penjuru angin. Proses ritual ini dilakukan dengan merapalkan mantera atau rajah serta membakar dupa (kemenyan). Proses ini kadang-kadang menggunakan tarian yang dilakukan sendiri oleh dalang atau pimpinan rombongan.

c.      Setelah upacara ritual selesai, muncul serombongan penari yang membawakan tarian-tarian penghibur. Munculnya penari-penari ini menandakan bahwa pertunjukan telah terlepas dari nuansa ritual dan tidak ada hubungannya dengan upacara agama tertentu.

d.      Cerita dimulai dengan menyajikan lakon dalam struktur yang linier. Unsur-unsur melodrama kerap menjadi pegangan dalam pertunjukan teater tradisi ini. Cerita ini dibagi dalam beberapa babak atau bagian sehingga terasa panjang.

e.      Pada jeda waktu pergantian babak selalu diisi dengan hiburan, seperti nyanyian dan tarian. Pada sejumlah pertunjukan teater tradisi rakyat, bagian ini justru banyak digemari karena pada saat inilah penonton dapat menari bersama penari-penari dengan memberikan sejumlah uang tertentu. Sering terjadi jeda antara babak ini berlangsung cukup lama sehingga pertunjukan keseluruhan lakon dapat berakhir menjelang pagi.

Baca Juga  Alat-alat berikut ini yang tidak dapat digunakan untuk membuat patung dari kayu adalah?

f.        Akhir pertunjukan ditutup dengan tarian dan doa ucapan terima kasih. Seluruh pemain biasanya tampil di hadapan penonton untuk mengucapkan terima kasih. Seluruh pertunjukan ditutup dengan tetabuhan kembali seperti awal pertunjukan.