Tari kecak berasal dari provinsi

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tari kecak berasal dari provinsi

Jawaban:

Tari Kecak berasal dari Provinsi Bali

Pembahasan:

Tari Kecak adalah salah satu tari tradisional dari Bali. Tari ini dimainkan oleh beberapa penari yang melingkar, dengan suara yang serentak dan gerakan tangan yang diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan aransemen yang memukau. Durasi pertunjukan biasanya satu jam, dengan jumla peni bisa mencapai puluhan orang.  

Kecak dikembangkan di Bali pada tahun 1930an, dengan bantuan Walter Spies, seorang pelukis dan musisi Jerman, dengan mengembangkan tarian sakral khas Bali.

Tari kecak ini menggambarkan adegan-adegan dari kisah Ramayana. Cerita dimulai dai saat Shinta menemani Rama selama pengasingan mereka di hutan Dandaka. Kemudian diikuti oleh penculikan Shinta oleh Rahwana, pertempuran antara Rahwana dan Jatayu, pencarian Shinta oleh Hanuman, dan diakhiri oleh pertempuran antara Rama dan Ravana.  

Para pengiring Kecak di panggung ini melantunkan dan bernyanyi sesuai dengan adegan yang dipentaskan dalam kisah tersebut. Selain para penari yang membentuk lingkaran, juga ada pemeran Shinta, Rama, Hanuman dan Rahwana dalam tarian ini.

Pertunjukan tari Kecak di Bali biasanya mengambil bagian setiap hari di malam di kuil-kuil Hindu di Bali seperti di Pura Uluwatu dan Tanah Lot. Namun kecak juga ditampilkan dalam pertunjukan seni atau sebagai pementasan wisata kepada para turis, di pusatwisata seerti di Sanur, Kuta, dan Nusa Dua. Setelah pertunjukan, penonton biasanya diundang untuk berfoto bersama para penari.

 

Kode: 5.10.3

Kelas: V

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 3 – Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Kata kunci: Tari Kecak, Bali

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tari kecak berasal dari provinsi Semoga Membantu.