Kesenian berikut yang tidak termasuk drama tradisional adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Kesenian berikut yang tidak termasuk drama tradisional adalah

Pada soal di atas ditanyakan manakah di antara wayang orang, ketoprak, opera, dan ludruk yang bukan merupakan kesenian drama tradisional. Opera bukan merupakan kesenian drama tradisional. Penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini akan dijelaskan pada bagian pembahasan.

Pembahasan

Drama merupakan kesenia yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan. Kesenian drama tradisional memiliki ciri-ciri, yaitu: menggunakan bahasa lokal, jumlah pelakonnya sedikit, panggung seadanya (dapat di balai, lapangan, atau pekarangan rumah), dan mengandalkan improvisasi dan interaksi dengan penonton. Sedangkan, drama modern biasanya menggunakan bahasa nasional, memiliki jumlah pelakon lebih banyak, dipentaskan di panggung yang tertata dan biasanya di gedung atau tempat tertutup, serta mengacu pada naskah, minim improvisasi dan interaksi.

Indonesia memiliki banyak kesenian drama tradisional yang tersebar di berbagai daerah. Berikut adalah macam drama tradisional :

  • Ketoprak : seni panggung khas yang membawakan kisah legenda, pahlawan atau kehidupan keseharian masyarakat jawa.
  • Wayang orang : pementasan dram yang mengambillakon kisah mahabarata dan ramayana dengan menggunakan sajian tari.
  • Randai : berasal dari minagkabau dimana disugukan dalam bentuk arena, formasi penonton dan melingkar.
  • Mamanda : berasal dari kalimantan selatan. Pertunjukan ini dengan busana serba gemerlap tetapi dengan mengunakan peralatan permainan sederhana yang bersifat sugestif.
  • Topeng bonjet : seni yang di awali dengan lawakan menggunakan topeng boncet. Topeng boncet berasal dari jawa barat.
  • Ludruk : suatu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.
Baca Juga  Gaya menyanyi lagu daerah di daerah sumatra adalah

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas: VIII

Mapel: Seni Budaya

Bab: Bab 7 – Mengenal Seni Peran Teater Tradisional

Kode: 8.19.7

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Kesenian berikut yang tidak termasuk drama tradisional adalah Semoga Membantu.