Apa yang dimaksud dengan not

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang dimaksud dengan not

Yang dimaksud dengan not adalah tinggi rendahnya frekuensi sebuah suara yang diberi simbol tertentu.

\\

PEMBAHASAN

Selama ini kamu mungkin hanya mengetahui bahwa not misalnya adalah do, re, mi, fa, sol, la, dan si, atau kamu juga telah mengetahui bahwa not dapat dinotasikan dengan angka atau notasi balok. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya not itu?

Not sebenarnya adalah berbagai simbol yang diciptakan untuk melambangkan frekuensi dasar sebuah suara/bunyi dari instrumen yang dimainkan dalam durasi waktu tertentu.

Di ilmu fisika, kamu akan menemukan lambang not seperti C4, A♯6, C10, D♭5, dan sebagainya untuk melambangkan frekuensi dasar sebuah suara. Contohnya adalah not A4 yang berfrekuensi dasar 440 Hz. Not-not tersebut merupakan notasi musik ilmiah (scientific pitch notation). Walaupun bersifat ilmiah, notasi musik ilmiah juga sering digunakan dalam musik—misalnya untuk menentukan jangkauan nada dari sebuah instrumen atau untuk tuning sebuah instrumen musik.

Sayangnya, notasi musik ilmiah tidak memberitahukan durasi bunyi. Inilah mengapa dalam musik notasi balok lebih banyak digunakan untuk melambangkan sebuah suara/bunyi karena tidak hanya memberitahukan frekuensi bunyi, notasi balok juga memberitahukan durasinya—misalnya durasi 4 ketukan, 2 ketukan, 1 ketukan, dst.

\\

PELAJARI LEBIH LANJUT

Interval nada dan namanya:

Durasi ketukan not balok:

\\

DETAIL JAWABAN

Mapel: Seni Budaya

Kelas: 5

Materi: Bermain musik

Kode Kategorisasi: 5.19.6

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Apa yang dimaksud dengan not Semoga Membantu.

Baca Juga  Lari bolak balik bertujuan untuk melatih