bagaimana mencegah terjadinya mati lampu

bagaimana mencegah terjadinya mati lampu

jawaban

Cara mencegah terjadinya mati lampu:

  1. Memastikan rangkaian tertutup dan tidak ada kabel putus
  2. Menggunakan cadangan sumber energi listrik seperti generator
  3. Menggunakan sekring untuk mencegah arus pendek

Pembahasan:

Listrik dinamis adalah gerakan muatan listrik antara kutub positif (katoda) dan kutub negatif (anoda), yang berupa arus listrik.

Energi listrik timbul akibat adanya arus listrik (dalam satuan Ampere A) yang mengalir akibat adanya beda potensial atau tegangan listrik (dengan satuan volt V).  Energi listrik dihasilkan dari perubahan energi lain, seperti energi kimia atau energi kinetik (energi gerak) melalui pembangkit listrik.

Pada perangkat elektronik, energi listrik ini diubah menjadi bentuk energi lain, termasuk energi cahaya pada lampu listrik. Lampu listrik menghasilkan cahaya melalui filamen listrik di bagian tengahnya, yang berpijar ketika dialirkan arus listrik

Lampu listrik dapat menyala jika terdapat rangkaian tertutup yang menghubungkan sumber energi (seperti baterai atau listrik PLN) dengan lampu tersebut. Di rumah, kita harus pastikan tidak ada kabel rangkaian listrik yang terputus.

Untuk mencegah mati lampu, maka rangkaian dapat disusun secara paralel dengan beberapa sumber listrik, misalnya dalam rumah tangga denga menggunakan cadangan sumber listrik generator selain dari listrik PLN.

Listrik dapat mati akibat adanya arus pendek (korslet). Karena itu diperlukan sekring untuk mencegah terjadinya arus pendek dan menjaga lampu tetap menyala.

Baca Juga  perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini