Berdasarkan gambar tersebut pernyataan berikut yang benar adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Berdasarkan gambar tersebut pernyataan berikut yang benar adalah

Berdasarkan gambar tersebut, pernyataan berikut yang benar adalah muatan A memiliki potensial listrik yang lebih besar daripada muatan B

Pembahasan

MUATAN LISTRIK

Arus listrik adalah muatan – muatan listrik yang mengalir. Peristiwa perpindahan (aliran) muatan listrik dapat terjadi pada rangkaian listrik tertutup yang di dalamnya terdapat sumber listrik.

Aliran muatan listrik (arus listrik) ini disebabkan adanya beda potensial kutub positif dan kutub negatif sumber listrik. Arah arus listrik mirip dengan aliran air. Selalu memgalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Berarti, kutub positif memiliki beda potensial yang lebih tinggi dari pada kutub negatif.

Di abad ke-19, sebelum JJ Thompson menemukan muatan listrik negatif, para ahli sudah menetapkan arah arus konvensional. Bahwa arah arus listrik sesuai dengan arah dan getak muatan positif, yaitu dari kutub positif (titik yang berpotensial tinggi) ke kutub negatif (titik yang berpotensial rendah).

Dit:

Berdasarkan gambar tersebut pernyataan yang benar?

Penjelasan:

Perhatikan soal.

A memiliki 3 muatan positif. Maka A bermuatan positif.

B memiliki 3 muatan negatif. Maka B bermuatan negatif.

Karena A bermuatan positif sedangkan B bermuatan negatif, maka A memiliki beda potensial listrik yang lebih besar daripada B.

Jadi pernyataan yang benar adalah A.

Muatan A memiliki potensial listrik yang lebih besar daripada muatan B

Pelajari lebih lanjut pada tugas

Kategorisasi

Mapel : Fisika

Kelas : VIII

Materi : Listrik

Kode Kategorisasi : 8.6.8.

Kata Kunci : Beda Potensial Listrik, Benda Bermuatan Positif, Benda Bermuatan Negatif

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Berdasarkan gambar tersebut pernyataan berikut yang benar adalah Semoga Membantu.