Jelaskan peranan rumah tangga produsen

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan peranan rumah tangga produsen

Peran rumah tangga produsen dalam kegiatan ekonomi adalah melakukan kegiatan produksi barang atau jasa, dengan cara mengolah faktor produksi yang diperoleh dari  rumah tangga konsumen, membayar imbalan atas penggunaan faktor produksi, menjual hasil produksi kepada rumah tangga konsumen, dan menerima pembayaran atas penjualan barang atau jasa.  

Pembahasan

Rumah tangga produsen adalah sebuah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau kelompok orang yang bertujuan meghasilkan berbagai macam barang maupun jasa yang dituhkan masyarakat. Selain rumah tangga produsen dalam kegiatan ekonomi juga terdapat rumah tangga konsumen, rumah tangga pemerintah, dan juga peran masyarakat luar negeri.

  • Peran rumah tangga konsumen antara lain sebagai pemasok faktor produksi kepada perusahaan untuk diolah dalm kegiatan produksi, dan sebagai pemakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Peran rumah tangga pemerintah antara lain:  Membelanjakan pendapatan negara untuk segala macam keperluan kebutuhan pemerintah. Melakukan pengeluaran dengan membeli barang ataupun jasa yang bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan kepentingan umum. Menyiapkan barang serta jasa yang dibutuhkan oleh sekuruh masyarakat luas dengan melakukan kegiatan produksi barang dan jasa melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
    . Menjaga stabilitas ekonomi dengan membuat dan menerapkan kebijakan-kebijakan ekonomi. Menciptakan iklim sehat dan kondusif bagi dunia usaha dengan melakukan bimbingan, pengarahan, pengaturan dan pengawasan dengan membuat peraturan perundang-undangan bersama DPR yang berkaitan dengan perekonomian
  • Peran masyarakat luar negeri yaitu: sebagai konsumen, sebagai produsen, sebagai investor dan sebagai ahli.
Baca Juga  Sebutkan tiga contoh perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari hari

Pelajari lebih lanjut

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 2. Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kode: 10.12.2

#Ayobelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan peranan rumah tangga produsen Semoga Membantu.